counter

Film "Parasite" wakili Korea Selatan di ajang Oscar

Film "Parasite" wakili Korea Selatan di ajang Oscar

Poster film "Parasite" (ANTARA News/ho)

Jakarta (ANTARA) - Film "Parasite" garapan sutradara Bong Joon-ho yang sebelumnya berhasil memenangi penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes, terpilih untuk mewakili Korea Selatan di ajang Academy Awards 2020, kategori Intenational Feature Film.

Dewan Film Korea Selatan (KOFIC) mengatakan, Kamis, mereka memilih film komedi gelap itu untuk bersaing dengan film dari negara lain guna memperebutkan nominasi Oscar, demikian seperti dilansir Yonhap.

Baca juga: Film Korea Selatan "Parasite" raih Palme d'Or Cannes 2019

Baca juga: Mahershala Ali, aktor muslim peraih Oscar yang bintangi "Blade"


Alasan memilih "Parasite", menurut KOFIC, karena prestasi film tersebut yang berhasil membawa pulang Palme d'Or di Festival Film Cannes, reputasi baik Bong Joon-ho di dunia internasional, dan kualitas artistik serta sinematis-nya.

Untuk kategori film non-English, masing-masing negara mengajukan satu film sebagai perwakilan resmi mereka, dan akan berkompetisi untuk mendapatkan lima tempat dalam daftar.

Sejauh ini belum ada film Korsel yang dinominasikan untuk kategori Intenational Feature Film di ajang Academy Award.

"Parasite" adalah film ketujuh dari sutradara Bong Joon-ho yang juga menggarap film berbahasa Inggris "Snowpiercer" (2013) dan "Okja" (2017). Film itu bercerita tentang dua keluarga, satu kaya dan satu miskin.

Film tersebut sudah masuk radar Oscar selama berbulan-bulan, dan distributor Amerika Utara Neon telah menetapkan tanggal rilis "Parasite" pada 11 Oktober di AS. Itu menjadi langkah nyata untuk memposisikan "Parasite" sebagai pesaing utama di Academy Awards ke-92 yang akan digelar pada 9 Februari.

Nominasi akhir untuk Academy Awards 2020 akan diumumkan pada Januari.

Baca juga: "Parasite" tembus 10 juta penonton di bioskop Korsel

Baca juga: Sineas: Tidak ada yang istimewa dari Piala Oscar 2019



 

Penerjemah: Heppy Ratna Sari
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Oscar Motuloh raih Lifetime Achievement APFI 2018

Komentar