counter

Laporan dari London

Angklung dari tim dokter Indonesia tampil di Stockholm

Angklung  dari tim dokter Indonesia tampil di   Stockholm

Penampilan angklung yang dibawakan tim Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bogor mendapatkan animo tinggi dari orang-orang yang tengah lewat di daerah kawasan Plattan, Sergels Torg, di pusat Kota Stockholm. (Kbri)

London (ANTARA) - Musik angklung yang dibawakan tim Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Bogor membawakan lagu-lagu daerah dan yang cukup populer seperti "Bubuy Bulan", "Bengawan Solo", "Mother How Are You Today", "Kopi Dangdut", dan "You Raise Me Up" ,menarik perhatian masyarakat yang berada di kawasan Plattan, Sergels Torg, di pusat Kota Stockholm. Kamis, (22/8)

Sekretaris Ketiga KBRI Stockholm, Fajar Primananda kepada Antara London, Jumat mengatakan penampilan tim yang berjumlah 32 orang itu mendapatkan animo dari orang-orang yang tengah lewat di kawasan tersebut.

Dubes Bagas Hapsoro menyatakan rasa bangga atas penampilan tim angklung IDI Kota Bogor ini. "Penampilan seperti ini, tampil di ruang terbuka di pusat Kota Stockholm, adalah upaya untuk memperkenalkan seni budaya Indonesia, khususnya musik angklung," katanya.

Penampilan tim tersebut dirasa cukup istimewa karena tempat yang digunakan merupakan ruang terbuka di pusat Kota Stockholm. Walaupun demikian, mendapatkan izin tampilnya tidak mudah. "KBRI melakukan pendekatan dan mengajukan proposal kegiatan penampilan ini ke Kepolisian Stockholm sejak beberapa bulan sebelumnya,” ujar Bagas.

Para pejalan kaki yang melintas pun berhenti dan menonton sambil mendengarkan penampilan hingga selesai. Beberapa bahkan turut menyanyikan lagu yang dibawakan secara instrumental. Pada sesi terakhir, para penonton diajak ikut bermain bersama dan mereka pun berbaur dengan anggota tim untuk memainkan lagu "Mother How Are You Today". Dubes Bagas turut bergabung dan memainkan angklung. Penampilan angklung tersebut ditutup dengan menari Maumere bersama.

Tim angklung dari IDI Kota Bogor tersebut sebelumnya juga tampil di kegiatan Pesta Rakyat di KBRI Helsinki, Finlandia, 17 Agustus lalu. Sebelum kembali ke Tanah Air, mereka mempertunjukkan keindahan lantunan musik angklung bagi masyarakat di Swedia. Kegiatan ini telah direncanakan sejak awal tahun 2019.

Baca juga: Festival Kampung Indonesia 2019 digelar di Swedia
Baca juga: "Aja Lamis" membuka festival piano klasik Swedia
Baca juga: Jadi minuman resmi Nobel, Kopi Gayo bakal dipromosikan di Swedia


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar