Segala sesuatu itu perlu proses dan tidak ada proses yang sia-sia, tapi tanpa rasa ambisius
Jakarta (ANTARA) - Aktor laga Indonesia Yayan Ruhian mengatakan bahwa tidak ada proses instan untuk mencapai sebuah kesuksesan, kuncinya adalah kerja keras dan disiplin.

Berkat kemampuan bela dirinya, Yayan berhasil membintangi beberapa judul film Hollywood seperti "Star Wars: The Force Awakens", "Beyond Skyline" dan "John Wick: Chapter 3 - Parabellum".

Kesuksesan Yayan sekarang ini, tentu tidak lepas dari hasil kerja keras dan perjalanan panjang yang telah dilaluinya. Menurut pemain "The Raid" itu, tidak ada jalan pintas.

"Sesuatu itu jarang bisa didapatkan dengan proses instan. Kita jangan melihat kesuksesan orang lain tanpa melihat proses yang dijalani oleh orang tersebut karena semua pasti ada prosesnya, sama seperti kita lihat seorang juara yang terlibat di pertarungan," kata bintang film "Hit and Run" itu kepada Antara, Jumat.

Dalam proses mengejar kesuksesan, sifat ambisius harus dikesampingkan, walaupun ada target yang ingin dicapai.

Baca juga: "John Wick 3" hadirkan pencak silat dan kerambit, Yayan Ruhian bangga

"Kita harus melihat itu juga dalam proses pencapaian karir. Masalah berapa lama prosesnya, saya rasa itu relatif ya. Karena ada yang prosesnya tidak lama tapi ada yang perlu waktu cukup lama," jelas Yayan.

"Memang setiap proses ada target tapi kita juga tidak boleh lupa, kadang kegagalan yang kita dapat itu adalah cara Tuhan buat ngingetin bahwa itu bukan yang terbaik buat kita," lanjutnya.

Yayan sangat bersyukur, keterlibatannya dalam beberapa film Hollywood tanpa melalui proses pemilihan pemain (casting). Menurutnya, dia bisa terpilih lantaran memiliki karakter bertarung yang unik.

"Keterlibatan Iko Uwais, Joe Taslim, Kang Cecep dan saya sendiri, rata-rata mereka menghubungi kami karena karakter yang mereka butuhkan tanpa casting. Ya alhamdullilah kita kan ada basic tentang pencak silat yang merupakan salah satu budaya Indonesia sehingga mungkin dianggap ada karakter yang beda dengan yang lain," ujar Yayan.

Meski demikian, pria asal Tasikmalaya itu menilai untuk bisa menembus dunia film internasional, perlu membangun jaringan dengan manajemen yang berada di luar negeri.

"Semakin banyak network yang kita bangun akan semakin bagus dan kesempatan semakin terbuka, karena kita tidak akan tahu siapa nanti yang akan memperkenalkan kita. Pastinya network itu sangat perlu," jelas bintang "Merantau" itu.

Baca juga: Yayan dan Cecep ketagihan tonton "Fast & Furious: Hobbs & Shaw"

Baca juga: Reuni ala Yayan Ruhian dan Joe Taslim di "Hit & Run"

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019