counter

SDM Unggul Indonesia Maju

Pemkot Payakumbuh incar penghargaan Adiwiyata Mandiri

Pemkot Payakumbuh incar penghargaan Adiwiyata Mandiri

Guru SDN 11 Payakumbuh sedang membenahi lingkungan sekolah mereka. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh, (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh bertekad mengincar penghargaan Adiwiyata Mandiri setelah sukses merebut sejumlah prestasi tingkat nasional sejak beberapa tahun terakhir.

"Ini merupakan penghargaan khusus bagi sekolah, upaya mewujudkan hal tersebut hingga kini terus dilakukan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Agustion di Payakumbuh, Jumat.

Ia mengatakan melalui salah satu sekolah dasar terbaiknya terus berupaya meningkatkan prestasi di bidang lingkungan itu.

"Prestasi yang telah diraih secara berjenjang itu diharapkan bisa meraih puncaknya dengan meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri," ujarnya.

Salah satu sekolah yang menjadi andalan Kota Payakumbuh adalah SD Negeri 11 Kota Payakumbuh, sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah terbaik di Payakumbuh.

"Tahun 2017, saya diundang Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk menerima penghargaan Adiwiyata 2017," ujar Kepala Sekolah SDN 11 Payakumbuh, Syufriati di Payakumbuh, Jumat.

Ia mengatakan untuk meraih penghargaan bergengsi itu, selain membenahi lingkungan juga memberikan penyadaran kepada warga sekolah pentingnya kesadaran dalam menjaga dan mewujudkan lingkungan yang bersih dan ramah.

Adiwiyata mandiri sendiri adalah bentuk penghargaan terhadap semua unsur yang telah memiliki kesadaran menjaga lingkungan secara utuh dan sekolah juga harus mempunyai 10 sekolah binaan.

SDN 11 Payakumbuh juga miliki berbagai sarana pendukung berupa taman bunga, taman apotik hidup dan lainnya. 

Baca juga: 396 sekolah terima penghargaan lingkungan Adiwiyata
Baca juga: Kota Malang kembali raih Adipura Kencana dan Adiwita Mandiri
Baca juga: 463 sekolah dapat penghargaan lingkungan Adiwiyata

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tradisi pacu kuda alek nagari Payakumbuh

Komentar