Paris (ANTARA) - Saham-saham Prancis berakhir lebih rendah pada perdagangan Jumat (23/8/2019), dengan indeks acuan CAC-40 di Bursa Efek Paris turun 1,14 persen atau 61,38 poin, menjadi 5.326,87 poin.

Dari 40 saham perusahaan-perusahaan besar pilihan yang tergabung dalam komponen indeks CAC-40 tercatat 37 saham mengalami penurunan harga.

Perusahaan elektronik dan semikonduktor multinasional Prancis-Italia STMicroelectronics menderita kerugian paling besar (top loser) di antara saham-saham unggulan atau blue chips, dengan harga sahamnya anjlok 4,65 persen.

Diikuti oleh saham perusahaan penyedia layanan industri minyak dan gas internasional Technipfmc yang kehilangan 3,34 persen, serta kelompok perusahaan keuangan internasional Prancis BNP Paribas jatuh 2,14 persen.

Sementara itu, perusahaan multinasional Prancis Safran, yang memproduksi mesin pesawat terbang, mesin roket, komponen luar angkasa dan sistem pertahanan, menguat 0,62 persen, menjadi peraih keuntungan terbesar (top gainer) di antara saham-saham unggulan.

Diikuti oleh saham perusahaan optik mata internasional berbasis di Perancis, EssilorLuxottica, yang bertambah 0,34 persen, serta raksasa teknologi dan pertahanan Prancis Thales naik 0,29 persen.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019