counter

Info Haji

Gubernur Sumut: haji mabrur dapat memberikan contoh pada masyarakat

Gubernur Sumut:  haji mabrur dapat memberikan contoh pada masyarakat

Jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 1 Debarkasi Medan yang tiba di Asrama Haji Medan, Jumat malam (23/8). (Antara Sumut/Foto Munawar)

Para jamaah haji telah kembali dari Mekkah, dapat meningkatkan nilai-nilai keagamaan dan amal ibadah yang semakin tinggi.
Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara H. Edy Rahmayadi berharap kepada jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 1 Debarkasi Medan yang menjadi haji yang mabrur, dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, dan melaksanakan amal ibadahnya sesuai dengan ajaran Agama Islam.

"Selain itu, para jamaah haji yang baru kembali dari tanah suci Mekkah, dapat menjaga kesehatan sehingga tetap dalam keadaan sehat," kata Edy, yang diwakili Sekda Pemprov Sumut Hj Sabrina, dalam menyambut kedatangan 392 jamaah haji Kloter 1 Debarkasi Medan, di Asrama Haji Medan, Jumat sekira pukul 24.00 WIB.

Pemerintah Pemprov Sumut mengucapkan selamat datang kepada rombongan jamaah haji Kloter 1 Debarkasi Medan.

"Semoga jamaah haji yang telah kembali ke tanah air dengan selamat, dalam keadaan sehat walafiat dan kembali bertemu dengan sanak keluarga setelah lebih kurang 40 hari lamanya berada di tanah suci," ujar Sabrina.

Baca juga: Dua orang haji Sulawesi Tengah wafat di Mekkah

Ia mengatakan para jamaah haji telah kembali dari Mekkah, dapat meningkatkan nilai-nilai keagamaan dan amal ibadah yang semakin tinggi.

Kemudian, salah seorang jamaah haji Kloter 1 Debarkasi Medan atas nama Marlen Chalik Safar Bin Kariono (61) yang wafat di tanah suci, dapat diampunkan Allah SWT dan dilapangkan kuburannya.

"Semoga segala amal dan ibadahnya dapat diterima Allah Yang Maha Pengasih dan lagi Maha Penyayang," katanya.

Pada acara tersebut, Sekda Pemrov Sumut Hj.Sabrina menyerahkan piagam penghargaan dari Kementerian Agama kepada Pimpinan Kloter 1 Debarkasi Medan Erwin Pinayungan Dasopang Bin Ali Muchtar Dasopang.

Dalam penyambutan jamaah haji kloter pertama itu, juga dihadiri Kakanwil Kemenag Provinsi Sumut H. Iwan Zulhami, Wali kota Medan H.Dzulmi Eldin dan undangan lainnya. Sebelumnya, saat pemberangkatan Kloter 1 Embarkasi Medan menuju Tanah Suci Mekkah pada 12 Juli 2019, sebanyak 387 calon haji.

Jumlah jamaah haji Sumut yang seharusnya berangkat ke tanah suci tercatat sebanyak 8.641 orang dan terdiri dari 22 Kloter Embarkasi 1 Medan.
Namun yang berangkat ke Mekkah sebanyak 8.525 jamaah haji (98,60 persen).Tidak jadi berangkat 116 jamaah (1,34 persen) karena sakit, meninggal dunia sebelum masuk Asrama Haji Medan, dan ditunda keberangkatan ke Mekkah.

Baca juga: 43.000 haji Indonesia kembali ke Tanah Air
Baca juga: Kepadatan Masjidil Haram berkurang signifikan

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kominfo Sumut ingatkan agar hati-hati sebar berita

Komentar