counter

Barong Festival Superstar digelar di Badung untuk lestarikan budaya

Barong Festival Superstar digelar di Badung untuk lestarikan budaya

Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta (kiri) dan Panglingsir Puri Ageng Mengwi AA Gde Agung (tengah) saat membuka Taman Ayun Barong Festival Superstar 2019 di Jaba tengah Pura Taman Ayun, Jumat (23/8/2019) malam. (ANTARA/Fikri Yusuf/ist

Jadi yang di sini itu top of the top
Badung (ANTARA) - Taman Ayun Barong Festival Superstar 2019 yang digelar di Pura Taman Ayun, Mengwi, Badung, Bali, dimaksudkan untuk melestarikan budaya tradisional warisan leluhur, kata Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta.

"Kegiatan Festival Barong ini menurut saya merupakan salah satu komitmen untuk menjaga dan melestarikan kesenian dan kebudayaan tradisional Bali yang merupakan warisan leluhur," ujar Bupati saat pembukaan festival tersebut di Badung, Jumat malam.

Ia mengatakan, lokasi penyelenggaraan festival tersebut yaitu di Pura Taman Ayun juga merupakan salah satu role model berkaitan dengan sejarah di Bali, khususnya sejarah di Kabupaten Badung.

"Taman Ayun ini juga merupakan warisan budaya dunia yang diakui UNESCO," kata Bupati Giri Prasta.

Ia menambahkan, pihaknya juga memiliki komitmen mendukung berbagai kegiatan pelestarian seni budaya seperti kegiatan Festival Barong yang digelar Puri Ageng Mengwi melalui Sanggar Mangu Samcaya tersebut.

"Sebab kunjungan wisatawan di Pura Taman Ayun ini juga berkaitan dengan pendapatan kami di Kabupaten Badung. Kami berkomitmen festival ini tetap diselenggarakan tiap tahun. Harus dilakukan, tidak boleh tidak dilakukan," katanya.

Baca juga: Bali akan gelar festival barong


Panglingsir Puri Ageng Mengwi, AA Gde Agung, menjelaskan Taman Ayun Barong Festival kategori Superstar merupakan bagian dari Taman Ayun Barong Festival Regeneration and Superstar 2019.

"Khusus untuk kategori superstar, menarungkan para juara I dari berbagai kompetisi bapang barong dan makendang tunggal di tempat yang lain. Mereka mendaftar ke sini dengan menunjukkan sertifikat juara yang pernah diraih sebelumnya. Jadi yang di sini itu top of the top. Kemampuan peserta betul-betul diuji," ujarnya.

Untuk kategori superstar, pemenang pertama Bapang Barong akan mendapat hadiah dana pembinaan sebesar Rp10 juta, Juara kedua Rp7 juta dan Juara ketiga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp6 juta.

Sedangkan untuk makendang tunggal, pemenang pertama akan meraih hadiah Rp7 juta, Juara kedua Rp6 juta dan pemenang ketiga mendapatkan hadiah Rp5 juta.

"Sementara untuk pemenang harapan, seluruhnya akan mendapat sertifikat. Kami juga berterima kasih atas dukungan dari Pemkab Badung, sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan lancar," kata Gde Agung.

Baca juga: Batubulan, Desa "Tari Barong" bertabur prestasi

 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tari Angguk asal Kulon Progo tampil meriah di Bali

Komentar