counter

PLN Denpasar terima kunjungan 23 peserta SMN dari Kalimantan Barat

PLN Denpasar terima kunjungan 23 peserta SMN dari Kalimantan Barat

Para Siswa Mengenal Nusantara, asal Kalimantan Barat, bersama dengan panitia dari PLN Denpasar, di Rumah Kreatif BUMN (Foto ANtaranews Bali/HO-Staf Bidang Komunikadi UID/Khania/2019) (Antara/Ayu Khania Pranisitha/2019)

Denpasar (ANTARA) - PT PLN Denpasar menerima kunjungan 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) terpilih yang berasal dari Kalimantan Barat, di Rumah Kreatif BUMN yang beralamat di Jalan Raya Sesetan, Denpasar.

"Melalui Rumah Kreatif BUMN Denpasar binaan dari PLN ini, menjadi salah satu bentuk upaya kami dalam membina dan mengembangkan UMKM. Jadi dalam kegiatan ini, mereka dilatih, dibina, dan dibantu untuk berkembang di bidang UMKM itu,”kata Plt Manajer Komunikasi PLN Unit Induk Bali, I Made Arya, pada Sabtu.

Arya menambahkan dengan terselenggaranya kegiatan kunjungan ini, yang bertujuan untuk memberikan bekal informasi kepada peserta mengenai peran BUMN. Pihaknya juga ingin menegaskan peran dari BUMN dalam mendorong pertumbuhan Usaha Kecil Mikro dan Menengah di Indonesia.

Ia menjelaskan terkait kunjungan ini diikuti oleh 23 siswa terpilih dari berbagai Kabupaten di Kalimantan Barat yang juga akan belajar mengenai mekanisme pemasaran online yang dilakukan di Rumah Kreatif BUMN (RKB).

Selain itu, RKB Denpasar binaan PLN memiliki lebih dari 200 mitra, yang berasal dari beragam sektor industri. Adapun sektor industri itu terdiri dari kerajinan tangan, makanan, fashion, dan juga Jasa.

“Kami juga adakan pelatihan rutin di sini untuk UMKMnya, dengan harapan mereka bisa mendapat omzet yang lebih besar dan produktivitasnya yang lebih baik,”kata Arya.

Selain itu, dalam kegiatan kunjungan di RKB, para peserta tidak hanya mendapatkan informasi mengenai strategi pemasaran online melalui e-commerce, tetapi juga mengikuti permainan.

Arya menuturkan bahwa permainan ini berfungsi untuk dapat melatih kemampuan dasar berbisnis. Salah satunya dilatih untuk dapat berani dalam mengambil setiap resiko saat berbisnis.

"Para peserta terlihat antusias di permainan ini,
terutama saat memperhitungkan kemampuan produksi, sampai bisa mengenali potensi kerugian dalam dunia usaha seperti apa, dan hasilnya juga maksimal," ujarnya.

Untuk agenda berikutnya, Arya mengatakan bahwa seluruh siswa terpilih ini akan melanjutkan perjalanan dengan mengenal budaya dan potensi di Indonesia.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tanam mangrove untuk jaga kawasan pesisir pantai

Komentar