Info Haji

8.243 haji Debarkasi Surakarta dipulangkan ke daerah masing-masing

8.243 haji Debarkasi Surakarta dipulangkan ke daerah masing-masing

Ratusan haji Debarkasi Surakarta, Jateng kloter 23 asal Bantul menjalani shlat Maghrib, sebelum dipulangkan ke daerahnya, di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Minggu (25/8). (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

hingga kedatangan kloter 23 asal Bantul, sebanyak 8.243 orang atau sekitar 23,7 persen dari total 34.756 yang diberangkatkan ke Tanah Suci
Boyolali (ANTARA) - Jumlah haji Debarkasi Surakarta, Jawa Tengah yang sudah dipulangkan ke daerah masing-masing hingga kedatangan kelompok terbang 23 asal Kabupaten Bantul, pada Minggu petang, tercatat 8.243 orang.

"Jumlah jamaah haji hingga kedatangan kloter 23 asal Bantul, sebanyak 8.243 orang atau sekitar 23,7 persen dari total 34.756 yang diberangkatkan ke Tanah Suci," kata Kepala Sub Bagian Penerangan, Humas, dan Protokol Debarkasi Surakarta Agus Widakdo di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Minggu.

Dia mengatakan jamaah haji kloter 23 asal Bantul, Yogyakarta yang tiba di Tanah Air dengan pesawat Garuda Indonesia GA-6223 berjumlah 359 orang. Mereka mendarat di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pukul 16.39 WIB atau terlambat sekitar 54 menit dari jadwal semula.

Saat tiba di bandara, mereka dijemput sembilan bus menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali. Setelah itu, jamaah haji dijemput dengan bus dari daerahnya untuk dipulangkan ke Bantul.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surakarta sebelumnya juga kedatangan jamaah haji kloter 22 asal Kabupaten Gunung Kidul berjumlah 360 orang pada pukul 04.23 WIB.

Pihaknya sekarang menunggu haji kloter 24 asal Bantul berjumlah 358 orang yang diperkirakan tiba di bandara setempat, sekitar pukul 21.00 WIB.

Berdasarkan data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), hingga Minggu petang, jumlah haji Debarkasi Surakarta yang meninggal dunia bertambah satu orang sehingga totalnya menjadi 44 orang.

Dia mengatakan satu haji yang meninggal tersebut, yakni Sudijati Sudijo Surodiwiryo (72), warga Ngraji RT03/RW02 Kabupaten Grobogan, Jateng. Haji itu, meninggal karena sakit di Pemondokan Mekkah pada Jumat (23/8), pukul 03.45 WAS, sedangkan jenazahnya dimakamkan di tempat pemakaman umum Sharayya Mekkah.

Dia mengatakan jumlah haji yang tertunda kepulangannya ke Tanah Air karena sakit dan dirawat di Rumah sakit Arab Saudi tercatat enam orang. Mereka yang sakit, dapat dipulangkan setelah mendapat rekomendasi tim dokter rumah sakit dengan kloter berikutnya.

Jumlah anggota jamaah haji Debarkasi Surakarta setibanya di Tanah Air dan kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Umum Dr. Moewardi Solo sembilan orang.

Saat tiba di asrama haji, mereka kemudian menjalani pemeriksaan di Poliklinik Donohudan terlebih dahulu. Namun, untuk haji yang perlu menjalani perawatan intensif karena penyakitnya, dirujuk ke rumah sakit. 

Baca juga: 120 haji asal Belitung tiba di daerah asal
Baca juga: Penerbangan tertunda, jadi persoalan pemulangan jamaah ke Tanah Air
Baca juga: Jamaah haji Banyumas dijadwalkan tiba di Tanah Air mulai 7 September


 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar