counter

Pejabat: Pengungsi Suriah beri sumbangan berharga buat Turki

Pejabat: Pengungsi Suriah beri sumbangan berharga buat Turki

Ilustrasi - Pengungsi Suriah (Istimewa) (Istimewa/)

Ankara (ANTARA) - Pengungsi Suriah memberi sumbangan yang berharga buat masyarakat di seluruh Turki, kata direktur komunikasi presiden negeri tersebut pada Sabtu malam (24/8).

Fahrettin Altun, yang mengunggah video yang menampilkan enam pengungsi Suriah yang dengan susah-payah membangun kembali rumah mereka di Turki, mengatakan pengungsi tersebut telah membuat perbedaan di Turki.

Turki menampung hampir empat juta pengungsi dari Suriah --lebih banyak dibandingkan dengan negara lain mana pun di dunia, kata video tersebut.

Video itu menampilkan pengungsi yang membuka usaha di Turki seperti toko telepon genggam dan kedai kopi khusus perempuan dan oleh karena itu memberi sumbangan buat ekonomi Turki.

"Direktorat Komunikasi merayakan enam orang yang membangun kembali kehidupan mereka dan membuat perbedaan di Turki," kata Altun di Twitter, sebagaimana dilaporkan Kantor Berita Turki, Anadolu --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad.

Suriah telah terjerumus ke dalam perang saudara mengerikan sejak awal 2011, ketika Pemerintah Presiden Bashar al-Assad menindas protes pro-demokrasi.

Sejak itu, ratusan ribu orang telah tewas dalam lebih dari 10 juta orang lagi kehilangan tempat tinggal, kata beberapa pejabat PBB.

Turki telah menjadi jalur utama buat pengungsi yang berusaha menyeberang ke Eropa sejak 2011, ketika perang saudara di Suriah meletus.

Sumber: Anadolu
Baca juga: Pejabat: EU-Turki terus bantu pengungsi Suriah
Baca juga: Rusia tuding AS sebabkan krisis kemanusiaan di kamp pengungsian Suriah

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Erdogan dijadwalkan kunjungi Indonesia 2020

Komentar