TNI-Polri jamin kamtibmas di Timika kondusif

TNI-Polri jamin kamtibmas di Timika kondusif

Sejumlah prajurit TNI berjaga di Kompleks Gedung DPRD Mimika, Papua, Sabtu (24/8/2019). Petugas gabungan Polri dan TNI masih melakukan pengamanan di sejumlah objek vital dan strategis di Kota Timika, Papua pascaunjuk rasa warga Papua yang berakhir ricuh pada Rabu (21/8/2019). ANTARA FOTO/Sevianto Pakiding/wsj.

Semuanya tetap beraktivitas, adik-adik yang sekolah harus tetap belajar, perbankan, pengusaha, pedagang silakan menjalankan kegiatan usaha mereka. Jangan sampai termakan isu provokatif. Kekuatan TNI dan Polri yang ada di Mimika sangat memadai."
Timika (ANTARA) - Jajaran TNI dan Polri menjamin situasi kamtibmas di Timika, ibukota Kabupaten Mimika kini aman dan kondusif sehingga warga diharapkan tidak terprovokasi dengan berbagai isu.

"Situasi di Timika relatif aman dan kondusif, mohon masyarakat tidak perlu khawatir dan tidak perlu resah soal adanya isu adanya aksi demo. Kami memastikan TNI dan Polri akan mengendalikan situasi dengan memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat," kata Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto di Timika, Senin.

Baca juga: Polisi tetapkan 10 tersangka kerusuhan Timika

Baca juga: Dua SSK Brimob Malut dan Gorontalo tiba di Timika

Baca juga: 34 orang pelaku kerusuhan Timika diproses hukum

Baca juga: Penumpang gelap diduga dalangi kericuhan di Timika


Pada Senin pagi jajaran TNI Polri setempat menggelar apel gabungan bertempat di lapangan Timika Indah.

Apel tersebut dihadiri 320 personel terdiri atas Polres Mimika, Kodim 1710 Mimika, Detasemen 3 Kaveleri Srigala Ceta, Brimob Satgas Amanusa dari Polda Maluku Utara dan Polda Gorontalo serta Brimob Batalyon B Polda Papua.

Kapolres mengimbau semua instansi pemerintah, swasta, sekolah dan tempat usaha tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

"Semuanya tetap beraktivitas, adik-adik yang sekolah harus tetap belajar, perbankan, pengusaha, pedagang silakan menjalankan kegiatan usaha mereka. Jangan sampai termakan isu provokatif. Kekuatan TNI dan Polri yang ada di Mimika sangat memadai," kata AKBP Agung.

Pascaunjuk rasa warga Papua yang berakhir rusuh di halaman Kantor DPRD Mimika pada Rabu (21/8), hingga kini aparat gabungan masih melakukan pengamanan sejumlah obyek vital di Timika.

Sejak Senin pagi obyek vital dan strategis yang diamankan diperluas yaitu Kantor Pemkab Mimika, Kantor DPRD Mimika, Kantor KPU Mimika, Kantor BPJS Ketenagakerjaan, Kantor Bawaslu dan Sentra Gakkumdu Mimika, PLN, Telkom, semua SPBU, Bandara Mozes Kilangin (bandara lama maupun bandara baru), serta DPPU Pertamina di area Bandara Mozes Kilangin.

Pengamanan obyek vital tersebut lantaran adanya isu akan adanya demonstrasi lanjutan warga Papua di Timika dengan jumlah massa yang lebih besar dibanding demonstrasi sebelumnya pada Rabu (21/8).

Lantaran isu tersebut, beberapa sekolah di Timika pada Senin pagi memulangkan lebih awal siswanya.

Beberapa instansi Pemkab Mimika juga menutup aktivitas mereka.

Namun hingga Senin petang, situasi Kota Timika masih kondusif, tanpa ada kegiatan demonstrasi warga Papua.

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pesawat kargo rute Timika-Ilaga hilang kontak

Komentar