counter

Kodam XIV/Hasanuddin tes urine serentak

Kodam XIV/Hasanuddin tes urine serentak

Suasana pemeriksaan urine oleh petugas kesehatan terhadap urine jajaran Kodam XIV/Hasanuddin di Makassar, Senin (26/08/2019). ANTARA Foto/HO/Pendam Hasanuddin.

Makassar (ANTARA) - Kodam XIV/Hasanuddin beserta jajarannya secara serentak melaksanakan kegiatan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dalam bentuk pelaksanaan tes urine terhadap Prajurit dan PNS.

Kegiatan serentak itu dilaksanakan di antaranya di wilayah Garnisun Makassar, Korem 141/TP di Bone, Korem 142/Tatag di Mamuju dan Korem 143/HO di Kendari dan khusus di Makassar dipusatkan di Balai Manunggal Mini, Senin ( 26/8).

Baca juga: Makassar dukung program TMMD 2019

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi mengatakan, tes urine ini dilakukan secara mendadak merupakan bagian program kerja dalam rangka P4GN di wilayah Kodam Hasanuddin, dilaksanakan setiap 3 (tiga) bulan sekali dan kali ini merupakan pemeriksaan yang terbesar dengan jumlah 4.500 Prajurit dan PNS.

"Ini pertama kali dalam sejarah di satuan jajaran TNI melaksanakan pemeriksaan dengan Total 4.500 secara serentak dan sekaligus indeks pemeriksaan sampai 6 kategori," katanya.

Dia mengatakan, semua yang diperiksa urinenya apapun yang terkandung di dalamnya itu akan terdeteksi, inipun dilaksanakan secara mendadak dan semuanya harus ikut tanpa terkecuali, termasuk dirinya selalu Pangdam.

Pada kesempatan itu Surawahadi juga menekankan kepada seluruh anggota Kodam Hasanuddin untuk mengingatkan kepada seluruh keluarganya, Isteri, anak, tetangga dan lainnya supaya memerangi narkoba dengan tidak mencoba-coba menggunakan narkoba.

"Jangan ada yang menggunakan narkoba karena sekali mencoba pasti akan ketagihan dan akan sangat merugikan, apabila ada yang terbukti akan diproses dan akan dipecat," tambahnya.

Pangdam pun mengharap kegiatan P4GN yang dilaksanakan ini dapat menjadi pelopor "kita akan pelopori khususnya di Kodam Hasanuddin, saya berharap untuk di Instansi lain pun segera menyesuaikan untuk kita sama-sama memerangi Narkoba", tutupnya.

Hasil yang diperoleh dalam pemeriksaan untuk prajurit dan PNS semuanya negatif sehingga personel seluruhnya dinyatakan sehat dan bebas dari narkoba.

Baca juga: Kepala BNN: mahasiswa perlu lakukan tes urine

Baca juga: Cegah peredaran narkoba, 27 personel Korem 143/HO tes urine

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Flashmob tari Pakarena Makassar libatkan seribu penari

Komentar