counter

Distan gelar pemilihan duta pertanian Kalbar

Distan gelar pemilihan duta pertanian Kalbar

Kadistan TPH Kalbar tengah memberikan materi kepada peserta Duta Pertanian Kalbar 2019, Senin (26/8/2019). (ANTARA/dedi)

jangan dikira sektor pertanian itu kalangan bawah
Pontianak (ANTARA) - Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar menggelar pemilihan duta pertanian Kalbar untuk pertama kalinya sebagai strategi untuk menggugah kaum milenial bangga bertani.

“Bahkan duta pertanian yang kita hadirkan ini merupakan pertama kali yang ada di Indonesia. Selama ini yang ada adalah berkaitan pariwisata, lingkungan hidup dan beberapa jenis lainnya,” ujar Kadistan TPH Kalbar, Heronimus Hero di Pontianak, Senin.

Ia menyebutkan sektor pertanian sangat luas dan posisinya sangat strategis. Sehingga duta pertanian nantinya diharapkan bisa menjadi perpanjangan edukasi dan informasi dengan cara kekinian tentang pertanian di Kalbar.

“Jangan dikira sektor pertanian itu kalangan bawah. Justru pertanian sangat urgen termasuk di negara maju. Meski porsi kecil di negara maju namun hal paling utama untuk mendukung kemajuan daerah itu,” jelas dia.

Heronimus menyebutkan untuk tahap awal pemilihan duta pertanian dibuka dan bisa diikuti oleh siapa saja dan meminta rekomendasi kepersertaan ke dinas tingkat kabupaten.

“Peserta terbuka untuk 14 kabupaten atau kota di Kalbar. Ke depan dalam pemilihan ini bisa saja dilakukan dulu seleksi di kabupaten baru masuk ke kita. Saat ini peserta langsung ke kita,” jelas dia.

Dengan kekuatan media sosial dan kemajuan teknologi dan informasi, duta pertanian di Kalbar ketika terpilih harus memanfaatkannya.

“Semoga langkah atau strategi ini mendorong minat bertani dari kalangan milenial semakin banyak. Regenerasi petani semakin maju dan modern,” sebut dia.

Saat ini tahapan pemilihan duta pertanian memasuki pembekalan materi tentang public speaking, kebijakan pertanian Kalbar dan pengetahuan umum lainnya.

Pemilihan duta pertanian juga merupakan satu di antara rangkaian dari digelarnya Festival Durian Bumi Khatulistiwa yang digelar 24 Agustus – 1 September 2019.

Dalam festival durian itu sendiri sejumlah kegiatan digelar termasuk Kontes Durian Unggul Kalbar 2019, bazar dan lainnya.

Baca juga: Duta Ayam dan Telur diharapkan meningkatkan konsumsi protein hewani
Baca juga: Melody JKT48 jadi Duta Pertanian dan Pangan ASEAN - Jepang
Baca juga: Durian kunyit asal Kembayan Sanggau juara kontes durian 2019

 

 

Pewarta: Dedi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemerintah siapkan 200 hektar lahan untuk kembangkan durian lokal

Komentar