counter

Piala Dunia FIBA

Amerika lewati Kanada 84-68 dalam pemanasan pamungkas

Amerika lewati Kanada 84-68 dalam pemanasan pamungkas

Pebasket tim nasional Amerika Serikat Jaylen Brown (kanan) berduel dengan pemain Kanada Melvin Ejim bersiap merebutkan bola rebound dalam laga pemanasan di Quodos Bank Arena, Sydney, Australia, Senin (26/8/2019). (ANTARA/Twitter/USABasketball)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket Amerika Serikat berhasil melewati Kanada 84-68 dalam laga pemanasan terakhir jelang Piala Dunia FIBA 2019 di Qudos Bank Arena, Sydney, Australia, Senin.

Bintang Boston Celtics, Jaylen Brown, memimpin pasokan angka bagi Amerika dengan mengemas 19 poin disusul masing-masing 12 poin dari Kemba Walker (Celtics) dan Donovan Mitchell (Utah Jazz) serta catatan dwiganda 10 poin dan 15 rebound milik Myles Turner (Indiana Pacers).

Sebaliknya Kanada bertumpu pada bintang klub Turki Turk Telekom Kyle Wiltjer yang memborong 21 poin di laga tersebut diikuti 13 poin dari Khem Birch (Orlando Magic).

Hasil itu membuat Amerika memiliki catatan tiga kemenangan dan satu kekalahan dalam empat pertandingan pemanasan mereka, sedangkan Kanada yang memainkan tujuh pertandingan empat kali menang dan tiga kali kalah.

Baca juga: Popovich bela diri setelah Team USA dikalahkan Australia

Strategi arahan pelatih kepala Gregg Popovich sukses diterapkan dengan baik oleh Amerika yang berhasil mencegah Kanada mencetak dua digit poin sepanjang kuarter pertama.

Sebuah three-point play yang berhasil dibukukan Walker menutup kuarter pertama dengan kedudukan 20-9 untuk keunggulan Amerika.

Kanada berusaha bangkit pada kuarter kedua, namun tembakan tripoin yang dilesakkan Brown pada sisa waktu dua menit 55 detik membuat Amerika unggul 35-25.

Paruh pertama pertandingan diakhiri dengan sebuah dunk yang dihempaskan oleh Mitchell demi membawa Amerika menegaskan keunggulannya lagi 46-31.
Tempo pertandingan mulai melambat pada kuarter ketiga, namun Amerika masih bisa menjaga bahkan menambah keunggulan mereka menjadi 64-47 atas Kanada.

Kanada melesakkan tujuh poin beruntun tanpa balas pada pengujung laga termasuk dua tembakan tripoin dari Aaron Best dan Wiltjer, namun hal itu tak menghindarkan mereka dari kekalahan 68-84 dari Amerika.

Amerika sudah mengumumkan roster akhir mereka dan bersiap bertolak ke Guangzhou, China, untuk berlaga di Grup E Piala Dunia FIBA 2019.

Sedangkan pelatih kepala Kanada Nick Nurse akan mengumumkan siapa dari 13 nama yang tersingkir dari roster akhir sebelum berangkat memainkan laga penyisihan Grup H di Dongguan.

Baca juga: Pelatih AS anggap Australia bisa juara dunia

Baca juga: New Zealand umumkan "roster" akhir, Wesbter bersaudara kembali berlaga

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar