Yayasan BOS telah melepasliarkan orangutan yang keempat kalinya sejak akhir Juni 2019 lalu
Samarinda (ANTARA) - Yayasan Penyelamatan Orangutan (Borneo Orangutan Survival  /BOS) bekerja sama dengan BCA melakukan pelepasliaran orangutan yang telah menyelesaikan masa rehabilitasi mereka di Pusat Rehabilitasi Orangutan Yayasan BOS Samboja Lestari.

Kegiatan yang dilakukan Senin (26/8) dalam rangka memperingati Orangutan International Day yang jatuh pada tanggal 19 Agustus sekaligus  Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Kepala Kantor Wilayah XI BCA Mingto Purba,​​​​​​​ Purba kepada awak media di Samarinda, Selasa, mengatakan, pelepasliaran empat individu orangutan itu dilakukan di Hutan Kehje Sewen, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

"Hingga tengah tahun 2019, Yayasan BOS telah melepasliarkan orangutan yang keempat kalinya sejak akhir Juni 2019 lalu," katanya.

Ia menjelaskan, orangutan memainkan peran penting dalam penyebaran benih dan dalam menjaga keseimbangan ekosistem hutan, yang penting bagi manusia dan sejumlah hewan lain.

Dengan melestarikan habitat orangutan, spesies lain yang menghuni habitat yang sama dan komunitas lokal mendapat manfaat dari konservasi tersebut.

“Konservasi habitat orangutan terus kami lakukan secara konsisten dalam rangka menjaga keseimbangan mata rantai ekosistem flora dan fauna di lingkungan tersebut sekaligus memberikan nilai tambah dan manfaat yang berkesinambungan bagi ruang hidup masyarakat lokal yang mendiami area tersebut," katanya.

Ia mengungkapkan, sejak tahun 2012, BCA mendukung kegiatan kepedulian terhadap pelestarian orangutan. 

Hadir dalam acara pelepasliaran orangutan itu, Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Balikpapan Eduard Hans Winarko, Kepala Pendukung Operasi Wilayah XI BCA Jedida Lauw, didampingi Direktur PT RHOI Aldrianto dan Program Manajer Samboja Lestari Agus Irwanto.

Menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam Strategi dan Rencana Aksi Konservasi (SRAK) Orang utan Indonesia 2019-2029, saat ini Indonesia menjadi rumah bagi setidaknya 60 ribu individu orangutan.

Berdasarkan data Forum Orangutan Indonesia (Forina), total habitat orangutan di Kalimantan (Pongo pygmaeus) diperkirakan tinggal 57.000 ekor, sementara di Sumatera (Pongo abelii) hanya sekitar 14.000.

Current Biology melansir, hampir 150.000 orangutan punah di Kalimantan dalam kurun waktu 16 tahun. Peneliti mengungkapkan populasi satwa yang terancam punah menyusut 50% hingga 2015 silam. Selain itu, populasi satwa terancam punah diperkirakan akan menyusut sebanyak 45.000 ekor pada 2050. Deforestasi dan lenyapnya habitat hanya salah satu penyebab anjloknya populasi orangutan.

Baca juga: BKSDA Aceh: Populasi Orangutan Sumatera tersisa 13.000
Baca juga: Delapan orangutan kembali dilepasliarkan ke TNBBBR Katingan
Baca juga: Bhayangkari dan OASE Adopsi 3 Bayi Orangutan di Samboja Lestari


 

 

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019