Jakarta (ANTARA) - Dalam upaya memproduksi minyak kelapa sawit mentah (CPO) yang berkelanjutan, industri kelapa sawit di Indonesia harus didukung dengan peningkatan kualitas auditor untuk sertifikasi.

CPO berkelanjutan harus melalui standar tahapan Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO). Standar tersebut memuat indikator-indikator yang menjamin bahwa penanaman dan produk yang dihasilkan ramah dan menjamin keberlanjutan lingkungan, berdasarkan informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Selasa.

Salah satu yang dapat dilakukan untuk mempercepat skema ISPO adalah penambahan jumlah serta peningkatan kualitas dari auditor dari lembaga sertifikasi.

"Dibutuhkan peningkatan kompetensi dan jumlah pada auditor yang ada. Peningkatan kompetensi dilakukan agar dalam peninjauannya, auditor sudah memahami dan mendalami prinsip dan kriteria ISPO. Ketika laporan hasil audit diserahkan, tidak perlu lagi adanya pengembalian berkas untuk dilengkapi," ujar Presiden Direktur PT Mutuagung Lestari Arifin.

Menurut Arifin, terdapat pula keterbatasan jumlah sumber daya manusia yang memverifikasi berjalannya CPO.

"Dirasa perlu untuk melakukan penambahan auditor dan menempatkan mereka di daerah yang memiliki lahan produksi minyak kelapa sawit mentah untuk mempercepat proses audit dan skema sertifikasi ISPO," lanjutnya.

Percepatan skema ISPO, menurut Arifin, penting dilakukan mengingat diperlukannya pembuktian adanya kontribusi Indonesia dalam melakukan pengembangan kualitas lingkungan hidup, terutama dalam proses produksi CPO.

Adapun, berdasarkan data yang dimiliki oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), saat ini, terdapat total 556 sertifikat ISPO yang telah dikeluarkan dimana hampir 35 persen di antaranya dikeluarkan oleh PT Mutuagung Lestari. PT Mutuagung lestari turut memberikan 31 sertifikat ISPO baru kepada pengusaha sawit sehingga hingga saat ini, terdapat 197 sertifikat ISPO yag telah dikeluarkan oleh PT Mutuagung Lestari.

Beberapa perusahaan yang turut menerima sertifikat ISPO hari ini di antaranya PT. Bumipalma Lestaripersada dan PTPN III.

"Perbaikan dan percepatan skema sertifikasi ISPO harus selalu diupayakan oleh semua pihak yang berkepentingan, baik dari pemerintahan, lembaga sertifikasi, maupun perusahaan yang berkaitan dengan produksi CPO. Hal ini agar tercipta sustainability dalam proses produksi CPO," tutup Arifin.

Baca juga: Darmin sebut avtur dari CPO dapat digunakan 2021

Baca juga: Menperin optimistis pasar domestik mampu serap produk hilirisasi CPO

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019