counter

Anggota DPRD dinilai harus konsisten terhadap sumpah jabatan

Anggota DPRD dinilai harus konsisten terhadap sumpah jabatan

Sekretaris Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang Sigit Pri Atmaji. (Heru Suyitno)

Setiap anggota DPRD harus benar-benar konsisten terhadap setiap kalimat sumpah jabatan
Magelang (ANTARA) - Sebanyak 50 anggota DPRD Kabupaten Magelang masa bakti 2019-2024 yang telah dilantik pada Senin (26/8) harus konsisten terhadap sumpah jabatan, kata Sekretaris Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik PD Muhammadiyah Kabupaten Magelang Sigit Pri Atmaji.

Sigit di Magelang, Selasa, mengatakan proses panjang yang telah dijalani melalui tahapan pemilihan umum beberapa waktu lalu diharapkan mampu menghasilkan wakil rakyat yang terbaik.

Ia mengatakan masyarakat Kabupaten Magelang mempunyai harapan besar terhadap keberadaan wakil-wakilnya di DPRD, mengingat lembaga perwakilan ini memiliki posisi penting dan strategis dalam menentukan masa depan daerah melalui fungsi yang dimilikinya.

Baca juga: Pansus Wagub DKI bakal dibentuk baru pasca dewan 2014-2019 demisioner

Fungsi DPRD mulai dari legislasi yakni kewenangan membuat produk hukum berupa peraturan daerah (perda) bersama pemerintah, fungsi anggaran yakni kewenangan memberikan persetujuan atas setiap alokasi dan penggunaan keuangan daerah.

Kemudian fungsi pengawasan yakni mengawasi pelaksanaan kebijakan, perda dan juga penggunaan keuangan daerah. Fungsi-fungsi tersebut harus dijalankan dalam kerangka representasi dari kepentingan masyarakat yang telah memberikan mandat perwakilannya.

Menurut dia kalimat yang diikrarkan melalui sumpah jabatan harus mampu diimplementasikan dalam setiap kerja serta pengabdiannya sebagai wakil rakyat.

Beberapa hal yang telah diikrarkan, antara lain komitmen akan menjalankan tugas dengan baik dan adil, komitmen bekerja dengan sungguh-sungguh serta mengutamakan kepentingan bangsa dari pada kepentingan pribadi maupun golongan. Kemudian juga komitmen dalam memperjuangkan aspirasi rakyat yang diwakilinya.

"Setiap anggota DPRD harus benar-benar konsisten terhadap setiap kalimat sumpah jabatan yang telah diikrarkan, jangan sampai sumpah jabatan hanya menjadi formalitas semata," katanya.

Baca juga: Menanti kinerja bersih bebas korupsi DPRD Kota Malang

Selain itu, katanya janji-janji pada saat kampanye dimana akan selalu membela kepentingan rakyat harus mampu dilaksanakan dan dibuktikan dalam setiap proses pengambilan kebijakan nantinya.

Oleh karena itu, awal kerja dan pengabdian melalui pelantikan ini adalah momentum yang baik bagi semua anggota DPRD untuk membuktikan bahwa yang telah terpilih dan dilantik ini adalah merupakan pilihan terbaik, pembuktiannya antara lain dengan adanya sikap yang konsisten terhadap sumpah jabatan dan juga melaksanakan setiap janji-janji kampanye yang telah disampaikan.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tiga polisi mengaku lepaskan tembakan

Komentar