Kapolri harapkan semua pihak komitmen jaga keamanan di Papua

Kapolri harapkan semua pihak komitmen jaga keamanan di Papua

Kapolri Jenderal Pol M Tito Karnavian sesaat akan shalat di Masjid Al Mukmin di lingkungan Mapolda Papua di Kota Jayapura, Selasa (27/8) (ANTARA News Papua / Alfian Rumagit)

Tadi di Biak, Bupati Biak juga menyampaikan berkomitmen dengan para tokoh agar bersama TNI dan Polri menjaga keamanan di Biak. Kami harapkan di seluruh wilayah Papua memilki komitmen yang sama
Jayapura (ANTARA) - Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berharap agar semua pihak berkomitmen menjaga keamanan di Papua.

"Tadi di Biak, Bupati Biak juga menyampaikan berkomitmen dengan para tokoh agar bersama TNI dan Polri menjaga keamanan di Biak. Kami harapkan di seluruh wilayah Papua memilki komitmen yang sama," katanya usai pertemuan tertutup di Mapolda Papua, Kota Jayapura, Selasa malam.

Bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, mantan Kapolda Papua itu sebutkan telah bertemu dengan Gubernur Papua Lukas Enembe di Istana Negara dan membahas soal Papua.

"Saya juga sudah bertemu dengan Pak Gubernur Lukas Enembe bersama Panglima TNI kemarin di istana, juga sama. Pak Lukas sampaikan komitmen untuk bersama-sama menjaga keamanan di tanah Papua," tuturnya.

Ia juga mengemukakan dengan kehadirannya bersama Marsekal Hadi Tjahjanto, hubungan antara institusi yang dipimpinnya bersama TNI dengan jajaran di Papua semakin solid.

"Semoga dengan kehadiran kami di sini hubungan TNI dan Polri semakin solid dan juga hubungan dengan masyarakat juga akan lebih baik. Dan mari kita sama-sama menjaga keamanan Papua agar pembangunan yang sekarang sedang intens dilancarkan oleh Presiden Jokowi, ini semua bisa berjalan dengan lancar demi masyarakat Papua," ujarnya.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus melakukan evaluasi soal masalah yang sedang dihadapi tersebut hingga keamanan benar-benar pulih.

"Yang jelas kita akan evaluasi. Saya dan pak Panglima TNI akan terus evaluasi, yang penting komitmen bersama untuk menjaga keamanan Papua jangan terpengaruh hoaks atau berita-berita yang tidak benar," tegasnya.

Ia juga meminta agar peran media di Papua ataupun di Indonesia bisa memberikan pencerahan dan edukasi, bukan sebaliknya.

"Termasuk rekan-rekan media juga tolong memberitakan yang menyejukkan, misalnya, Panglima TNI dan Kapolri jamin keamanan di Papua, supaya semua bisa hidup tenang dan nyaman," ucapnya, berharap.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi M Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menggelar pertemuan tertutup di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Papua di Kota Jayapura, Selasa petang.

Namun sebelum itu, Kapolri dan Panglima TNI shalat bersama di Masjid Al Mukmin di lingkungan Mapolda Papua.

Terlihat masuk dalam ruang rapat di Rastra Samara, di antaranya Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf A Rodja, Danjen Kopasus Mayjen TNI Chantiasa, Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Irham, Asrena Kapolri Irjen Pol Martuani Sormin dan Kabinda Papua Brigjen TNI Napoleon serta sejumlah pejabat dari Mabes Polri.

Rapat tersebut berlangsung kurang lebih sejam yang membahas soal insiden yang belakangan ini terjadi di Papua dan Papua Barat.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Tito serah terimakan Panji Tribrata ke Idham

Komentar