Jakarta (ANTARA) - Empat negara peserta putaran final Piala Dunia FIBA 2019 yakni Jepang, Lithuania, Nigeria dan Venezuela pada Selasa mengumumkan roster akhir mereka yang bakal tampil di China.

Debutan NBA tengah naik daun, Rui Hachimura, yang direkrut Washington Wizards dalam NBA Draft 2019 jadi sorotan utama dari roster akhir Jepang dan dianggap memikul harapan besar tim Akatskui Five di China nanti, demikian lansiran laman resmi NBA.

Pelatih kepala Julio Lamas menghadirkan dukungan berupa pemain naturalisasi Nick Fazekas serta pengalaman dalam diri Yuya Watanabe, Makoto Hiejima, Daiki Tanaka, Ryusei Shinoyama dan Yudai Baba.

Jepang dihadapkan pada tantangan tak mudah untuk bisa meloloskan diri dari Grup E yang berisikan juara bertahan dua edisi Amerika Serikat, Republik Ceko dan Turki.

Baca juga: Amerika lewati Kanada 84-68 dalam pemanasan pamungkas

Di Lithuania, dua bintang NBA Domantas Sabonis dan Jonas Valanciunas juga menjadi sorotan dalam roster akhir pilihan pelatih kepala Dainius Adomaitis.

Keduanya berkesempatan unjuk kemampuan di panggung dunia level senior bakal mendapat dukungan dari lima nama yang sebelumnya juga memperkuat Lithuania dalam edisi terakhir Piala Dunia FIBA yakni Paulius Jankunas, Mindaugas Kuzminskas, Jonas Maciulis, Renaldas Seibutis dan Jonas Valanciunas.

Lithuania cukup "beruntung" berada di Grup H yang dilabeli sebagai grup neraka bersama Australia, Kanada dan Senegal.

Baca juga: Australia umumkan roster final, enam penggawa Olimpiade bertahan

Mantan pemain Amerika Serikat U-19, Josh Okogie, akhirnya berkesempatan untuk membela tanah kelahirannya Nigeria di panggung dunia.

Penggawa Minnesota Timberwolves itu dapat dukungan dari pemain NBA lain Al Farouq Aminu serta kapten tim yang berpengalaman Chiemezu Metu.

Okogie, Aminu dan Metu tentunya berambisi menuntun kisah tim besutan Alex Nwora yang sempat dilanda ketidakpastian soal biaya keberangkatan mereka ke China menjadi berakhir bahagia dengan torehan prestasi membanggakan.

Langkah pertama adalah meloloskan diri dari Grup B berhadapan dengan Argentina, Korea Selatan dan Rusia.

Baca juga: Termuda di timnas Korsel, Heo Hoon termotivasi unjuk kebolehan

Venezuela di lain pihak turut menyertakan delapan penggawa yang sempat membela mereka di Olimpiade 2016 lalu dalam bagian roster akhir pimpinan pelatih kepala Fernando Duro yang berangkat ke China.

Mereka adalah Vargas bersaudara Gregory dan Jose, Heissler Guillent, Nestor Colmenares, Daniel Lewis, Miguel Ruiz, Windi Graterol and Anthony Perez.

Venezuela tentu tak ingin mengakhiri kembalinya ke putaran final Piala Dunia FIBA setelah 13 tahun hanya sebagai penggembira, mengingat mereka bermodalkan gelar juara Piala FIBA Amerika 2105, Kejuaraan Amerika Selatan 2014 dan 2016 serta penampilan di Olimpiade 2016.

Mereka akan berjibaku untuk bisa meloloskan diri ke putaran kedua dari Grup A yang dihuni tuan rumah China, Pantai Gading dan Polandia.

Baca juga: Fakta Piala Dunia FIBA 2019, format baru hingga debut Ceko-Montenegro

Berikut roster akhir empat negara peserta Piala Dunia FIBA 2019 yang diumumkan Selasa:

Jepang: Avi Koki Schafer (forward), Daiki Tanaka (guard), Joji Takeuchi (forward), Kosuke Takeuchi (forward), Makoto Hiejima (guard), Nick Fazekas (forward/center), Rui Hachimura (forward), Ryusei Shinoyama (guard), Seiya Ando (guard), Shuto Ando (guard), Yudai Baba (guard), Yuta Watanabe (forward)
Pelatih kepala: Julio Lamas

Lithuania: Arnas Butkevicius (guard/forward), Domantas Sabonis (forward/center), Edgaras Ulanovas (forward), Jonas Maciulis (forward), Jonas Valanciunas (center), Lukas Lekavicius (guard), Mantas Kalnietis (guard), Marius Grigonis (guard/forward), Mindaugas Kuzminskas (forward), Paulius Jankunas (forward/center), Renaldas Seibutis (guard), Rokas Giedraitis (guard/forward)
Pelatih kepala: Dainius Adomaitis

Nigeria: Al Farouq Aminu (forward), Ben Uzoh (guard), Chimezie Metu (forward), Ekpe Udoh (forward/center), Ike Diogu (forward/center), Ike Iroegbu (guard), Jordan Nwora (forward), Josh Okogie (guard), Micheal Eric (forward/center), Stanley Okoye (guard/forward), Vincent Nwaiwu (guard), Zanna Talib (forward/center)
Pelatih kepala: Alex Nwora

Venezuela: Anthony Perez (forward), Dwight Lewis (forward), Gregory Vargas (guard), Heissler Guillent (guard), Jhornan Zamora (guard), Jose Vargas (forward), Luis Bethelmy (forward), Michael Carrera (forward), Miguel Ruiz (forward), Nestor Colmenares (forward), Pedro Chourio (guard), Windi Graterol (center)
Pelatih kepala: Fernando Duro

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019