counter

Resensi film

"Weathering with You", kisah mengusir hujan yang masuk Oscar 2020

"Weathering with You", kisah mengusir hujan yang masuk Oscar 2020

Poster film "Weathering with You" (ANTARA News/ho)

Jakarta (ANTARA) - "Weathering with You" adalah salah satu film anime paling dinanti pada musim panas tahun ini, terlebih ini adalah karya Makoto Shinkai yang selalu memukau dari segi cerita, musik hingga visual.

Film ini bercerita tentang Hodaka yang kabur dari rumahnya di pulau terpencil menuju Tokyo. Namun dia tidak miliki kenalan ataupun uang untuk makan.

Dalam perjalanannya Hodaka bertemu dengan Suga, penulis majalah misteri miliknya sendiri dan dia dibantu oleh asisten pribadi bernama Natsumi. Hodaka akhirnya bekerja dengan Suga dan diminta untuk berburu "Si Gadis Matahari" atau Hina Amano.

Hina Amano memiliki kekuatan untuk mendatangkan matahari dan mengusir hujan. Pertemuan antara Hodaka dan Hina mendatangkan kisah cinta yang bahagia sekaligus haru.

Karakter yang unik

Makoto menampilkan karakter-karakter yang unik dan juga lucu, hal inilah yang sangat dinikmati oleh penonton sepanjang film. Walaupun jalan ceritanya sedang membahas sesuatu yang serius, ada saja hal menarik yang mampu mendatangkan tawa.

Humor yang ditawarkan dalam film ini juga cukup banyak, malah terkesan bergenre komedi. Namun komedi yang ditawarkan lebih pada situasi yang dihadapi oleh para karakternya.

Visual yang memukau

Makoto Shinkai sangat detail dalam menampilkan gambar, terlebih latar belakang Tokyo yang benar-benar indah dan memanjakan mata. Dia juga menggabungkan antara animasi 2D dengan 3D sehingga gambarnya terlihat sangat hidup.

Tak hanya soal pemandangan, ekspresi dari para karakternya pun sangat jelas, lucu dan menggemaskan bahkan luka-luka yang dialami Hodaka digambarkan begitu nyata. Belum lagi dengan genangan air dan rintik hujan yang terlihat di sepanjang film, rasanya seperti mengalaminya langsung.

Belum selesai sampai di situ, warna cerah dan keadaan kota yang terkesan suram juga sangat kontras diperlihatkan sehingga pada saat Hina memanggil matahari terjadi transisi warna yang begitu memukau.

Cerita sederhana namun mengena

Secara cerita, mungkin "Weathering with You" cukup simpel namun sangat mengena. Tidak terlalu banyak intrik yang ditampilkan, setidaknya ada dua fokus yang ditampilkan yakni cara mengusir hujan dan perasaan Hodaka pada Hina.

Film ini juga mudah untuk dimengerti, lucu serta menghibur. Makoto pun memberikan beberapa adegan kejutan yang membuat penonton senang sekaligus terharu khususnya bagi mereka yang mengikuti karya sebelumnya.

"Weathering with You" akan mewakili Jepang dalam nominasi Best International Film (nama baru dari Best Foreign Language) di ajang Oscar 2020. Nantinya, Makoto akan bersaing dengan "Parasite" dari Korea Selatan yang mendapat penghargaan Palme d'Or di ajang Cannes Film Festival.

Saat ini "Weathering with You" sedang tayang di jaringan bioskop CGV Cinema dan Cinemaxx.

Baca juga: Film "Parasite" wakili Korea Selatan di ajang Oscar

Baca juga: "Parasite" tembus 10 juta penonton di bioskop Korsel

Baca juga: Pemenang Cannes "Parasite" puncaki box office Korsel

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar