Puluhan mahasiswa unjuk rasa saat pelantikan 65 anggota DPRD Sumbar

Puluhan mahasiswa unjuk rasa saat pelantikan 65 anggota DPRD Sumbar

Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumatera Barat Desrio Putra (berpeci) langsung menemui mahasiswa yang unjuk rasa selepas pelantikan 65 anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat di Gedung DPRD Provinsi Sumbar, Padang, Rabu (28-8-2019). ANTARA/Mario Sofia Nasution

Padang, (ANTARA) - Puluhan mahasiswa yang berasal dari aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sumatera Barat berunjuk rasa saat pelantikan 65 calon terpilih anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat menjadi wakil rakyat di Gedung DPRD Provinsi Sumbar, Padang, Rabu.

Di sela aksinya, mahasiswa Rahma Adina mengingatkan anggota dewan untuk bekerja transparan serta dapat membawa aspirasi masyarakat.

Sementara itu, koordinator aksi Nanda mengatakan bahwa pihaknya tidak ingin dalam 5 tahun ke depan, produk legislasi tanpa kajian yang mendalam.

Mereka juga menyampaikan tujuh aspirasi kepada DPRD Provinsi Sumatera Barat, yakni integritas dan komitmen bekerja untuk kepentingan rakyat, transparan dalam setiap kebijakan yang ditetapkan.

Selain itu, memberikan pembuktian realisasi kerja setiap 3 bulan sekali, menggunakan anggaran secara efektif, dan mendesak eksekutif untuk menjalankan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Baca juga: KPU: Jumlah anggota DPRD Sumbar perempuan berkurang

Baca juga: KPU Sumbar belum tentukan jadwal penetapan anggota DPRD


Selanjutnya, mereka mendesak tegas pemerintah menjalankan Perda No. 3/2014 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Provinsi Sumatera Barat

Pedemo meminta anggota DPRD baru untuk menyelesaikan sejumlah perda Provinsi Sumbar, di antaranya Perda Tentang LGBT, Perda tentang Penyelenggaraan Persandian untuk Keamanan Informasi, dan Perda tentang Kesejahteraan Sosial.

Berikutnya, Perda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.Perda tentang Provinsi Layak Anak, Perda tentang Lahan Abadi dan Perda tentang BUMD Energi

Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumbar Desrio Putra yang menerima mahasiswa mengatakan bahwa pihaknya akan memperjuangkan aspirasi mahasiswa tersebut, sepanjang tidak bertentangan dengan aturan, dan merupakan kewenangan dewan provinsi.

"Tugas dan tanggung jawab dewan mendengar dan menerima aspirasi. Kami siap untuk itu," ujarnya.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar