Jakarta (ANTARA) - Usia hingga tingginya tingkat stres bisa jadi faktor risiko seseorang terkena gangguan tiroid. Selain itu faktor genetik juga menjadi penentu.

Baca juga: Tujuh tanda kelenjar tiroid bermasalah

"Di antara faktor penyebab autoimunitas terhadap kelenjar tiroid, genetik dianggap merupakan faktor pencetus utama," ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RS Pondok Indah – Puri Indah, M. Ikhsan Mokoagow di Jakarta, Rabu.

Selain itu, usia di atas 60 tahun, jenis kelamin perempuan dan perilaku merokok juga menjadi faktor risiko terjadinya gangguan tiroid. Merokok bisa menyebabkan kekurangan oksigen di otak dan nikotin dalam rokok dapat memacu peningkatan reaksi inflamasi.

"Soal mengapa perempuan, sulit dijawab," kata Ikhsan.

Stres juga bisa menjadi faktor risiko, karena berkorelasi dengan antibodi TSH-reseptor, lalu riwayat keluarga yang berhubungan dengan autoimun, menyebabkan terjadinya hipertiroidisme autoimun.

Faktor lainnya, zat kontras yang mengandung iodium. Hipertiroidisme terjadi setelah mengalami pencitraan menggunakan zat kontras yang mengandung iodium.

"Faktor lingkungan juga berperan, misalnya kadar iodium dalam air kurang," kata Ikhsan.

Hormon tiroid mengatur kecepatan bekerja sel-sel tubuh. Bila hormon ini dihasilkan dalam jumlah terlalu banyak, maka aktivitas sel dan organ-organ tubuh seseorang akan meningkat. Kondisi ini disebut hipertiroid.

Pada hipertiroid, penderita umumnya juga mengalami gejala lain seperti sesak napas ketika beraktivitas, kelelahan, lebih tahan suhu dingin atau tidak tahan suhu panas, keringat berlebihan.

Sebaliknya, bila hormon tiroid yang dihasilkan terlalu sedikit, sel-sel dan organ tubuh akan melambat atau disebut hipotiroid. Sebagai contoh, denyut jantung lambat daripada denyut normal dan aktivitas usus dapat menurun sehingga terjadi sembelit.


Baca juga: Cerita Rachel Amanda hadapi kanker tiroid

Baca juga: Cara deteksi gangguan tiroid

Baca juga: Masalah tiroid dan stres bisa jadi penyebab rendahnya libido seks

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019