Jakarta (ANTARA) - Laga tunda pekan ketujuh Shopee Liga 1 2019 antara Persija Jakarta melawan PSM Makassar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Rabu sore, masih nirgol hingga babak pertama usai.

Babak pertama diwarnai dua tendangan bebas berbahaya yang dieksekusi oleh Willem Jan Pluim untuk PSM sedangkan Persija melakukannya lewat Ismed Sofyan.

Baca juga: Ada "big match" di Senayan, Bali United perkasa hingga tengah musim

Riko Simanjuntak jadi dirijen serangan Persija pada awal laga, namun umpan terobosan yang dikirimkannya pada menit ke-16 terlalu deras untuk dikejar Marko Simic.

Tampil di kandang lawan tak membuat para pemain PSM gugup dan serangan mereka menimbulkan ancaman ke lini pertahanan tuan rumah disokong aksi bek kanan Asnawi Mangkualam.

Sebaliknya, konstruksi serangan PSM banyak didominasi aksi bek kanan Asnawi Mangkualam yang hingga menit ke-25 telah mengirimkan dua umpan silang terukur yang sayangnya tak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Eero Markkanen maupun Rahmat.

PSM juga beroleh peluang lewat sebuah tendangan bebas kuat dan terarah dieksekusi oleh Willem Jan Pluim pada menit ke-32, namun bola masih bisa dihalau oleh kiper Shahar Ginanjar.

Persija berusaha keluar dari tekanan yang dilancarkan PSM dan pada menit ke-38 memperoleh kesempatan tendangan bebas dari sisi kiri kotak penalti. Sang kapten Ismed Sofyan hampir menghadiahi dirinya sendiri dengan sebuah gol untuk merayakan ulang tahun ke-40 lewat eksekusi tendangan yang menukik tajam ke sudut kanan atas gawang, namun bola berhasil ditepis kiper Rivky Mokodompit.

PSM kembali mengancam lewat umpan tarik Asnawi pada menit ke-42 yang lagi-lagi gagal disambut Markkanen dan sesaat kemudian giliran tembakan luar kotak penalti Zulham Zamrun yang masih bergulir menyamping di sisi gawang Persija.

Tuan rumah hampir membuka keunggulan di pengujung babak pertama saat umpan terobosan Riko bisa dikejar Simic dan penyerang Kroasi itu melepaskan tembakan keras dengan kaki kirinya, namun Rivky kembali sukses menghentikan laju bola, sehingga kedua tim turun minum dalam kedudukan imbang nirgol.

Susunan pemain:

Persija: Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan, M. Rezaldi Hehanusa, Maman Abdurahman, Ryuji Utomo Prabowo, Tony Sucipto; Novri Setiawan, Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand; Marko Simic
Pelatih: Julio Banuelos

PSM: Rivky Mokodompit; Aaron Michael Evans, Abdul Rahman Sulaiman, Asnawi Mangkualam Bahar, Beny Wahyudi; Arfan, Marc Anthony Klok, Willem Jan Pluim, Zulhan Zamrun; Eero Markkanen, Rahmat
Pelatih: Darije Kalezic

Baca juga: Jakmania diimbau Banuelos tak lakukan tindakan di luar akal sehat

Baca juga: Banuelos enggan sepelekan buruknya rekor tandang PSM

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019