Termasuk 404 jamaah haji asal Cianjur, yang tergabung dalam kloter 34 dan  telah kembali ke Tanah Air dan tiba di Kantor Kemenag Cianjur pada Selasa (27/8) semuanya sehat
Cianjur (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat seluruh jamaah haji asal Cianjur yang sudah pulang atau masih berada di Tanah Suci, Arab Saudi dalam kondisi sehat dan tidak ada yang menjalani perawatan.

"Termasuk 404 jamaah haji asal Cianjur, yang tergabung dalam kloter 34 dan  telah kembali ke Tanah Air dan tiba di Kantor Kemenag Cianjur pada Selasa (27/8) semuanya sehat," kata Kasi Haji dan Umroh Kemenag Cianjur, Tavip Supriadi di Cianjur Rabu.

Ia mengatakan sebanyak 404 jamaah kloter 34 sudah kembali ke Tanah Air dan seluruhnya dalan kondisi sehat.

"Meski seluruhnya dalam keadaan sehat dan baik, namun ada jamaah yang menggunakan kursi roda karena kelelahan setelah perjalanan yang cukup jauh," katanya.

Hingga saat ini, kata dia, jamaah haji yang masih berada di Arab Saudi dan menunggu jadwal kepulangan pun dalam kondisi seha. Mereka masih dalam pemantauan dan pendampingan sejumlah petugas kesehatan.

"Jamaah haji yang masih berada di Tahan Suci itu tergabung dalam kloter 71 dan 72, yang  direncanakan akan tiba di Indonesia pada 7 September nanti," katanya.

Sementara Tenaga Kesehatan Ibadah Haji (TKIH) Dinkes Cianjur, dr Nesti Iswanda mengatakan jamaah haji yang telah tiba akan terus dilakukan pemantauan hingga 20 hari ke depan.

"Pemantauan dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan jamaah setelah tiba di Tanah Air dalam keadaan baik dan tidak mengalami gangguan kesehatan," katanya.

Pihaknya memastikan tidak ada jamaah yang sudah pulang keTanah Air mengalami atau terinveksi virus unta.

"Jamaah sebelumnya sudah mendapatkan pemeriksaan kesehatan di Bandara Arab Saudi saat akan dipulangkan dan rata-rata suhu tubuh mereka normal," demikian Nesti Iswanda.

Baca juga: Kemenag dan dinkes awasi kesehatan jamaah haji

Baca juga: Kemenag mencatat kondisi kesehatan JCH Cianjur di Madinah normal

Baca juga: Sakit parah dan wafat, dua calhaj Cianjur tak jadi ke Tanah Suci

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019