Jakarta (ANTARA) - Rapat Dewan Komisioner (RDK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai stabilitas sektor jasa keuangan pada Juli 2019 dalam kondisi terjaga di tengah perlambatan ekonomi global dan peningkatan tensi perang dagang AS-China.

"Sektor jasa keuangan domestik terpantau "resilient" dengan pertumbuhan intermediasi yang positif dan profil risiko lembaga jasa keuangan yang manageable," kata Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Manajemen Strategis OJK Anto Prabowo di Jakarta, Rabu.

Dikatakan, IHSG pada Juli 2019 relatif stabil dan naik tipis 0,5 persen banding bulan sebelumnya (mtm) dengan investor nonresiden membukukan net sell tipis sebesar Rp257 miliar.

Pada periode tersebut pasar obligasi masih mencatat penurunan yield rata-rata sebesar 20,4 bps dengan investor non residen mencatatkan net buy sebesar Rp24,3 triliun.

Namun demikian, dengan semakin meningkatnya tensi perang dagang AS-China pada Agustus terutama pasca devaluasi yuan terhadap dolar AS dan meningkatnya flight to safety investor global, pasar keuangan domestik mengalami koreksi.

IHSG pada 23 Agustus 2019 tercatat melemah sebesar 2,11 persen (mtd) di level 6.255,6 sementara yield pasar obligasi tercatat meningkat rata-rata sebesar 1,5 bps (mtd). Investor nonresiden membukukan net sell di pasar saham dan SBN sebesar Rp12,6 triliun (mtd).

Namun demikian, secara tahunan hingga 23 Agustus 2019 (ytd) IHSG dan pasar SBN masih mencatat kinerja yang positif, di mana IHSG menguat 0,99 persen dan yield turun 76,5 bps. Investor nonresiden juga masih mencatat net buy di pasar saham dan SBN sebesar Rp175,6 triliun secara ytd.

Anto Prabowo juga mengatakan, kinerja intermediasi lembaga jasa keuangan tercatat tumbuh positif pada Juli 2019.

Kredit perbankan mencatat pertumbuhan sebesar 9,58 persen yoy, dengan kredit investasi yang masih tetap tumbuh double digit di level 13,75 persen yoy. Sementara itu, pertumbuhan piutang pembiayaan walaupun masih mengalami moderasi tetap tumbuh di level 3,8 persen yoy.

Dari sisi penghimpunan dana, Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan dalam tren meningkat dan tumbuh sebesar 8,04 persen yoy. Peningkatan ini didorong oleh pertumbuhan giro yang mencapai 9,68 persen yoy.

Sementara itu, sepanjang Januari hingga Juli 2019, asuransi jiwa dan asuransi umum/reasuransi berhasil menghimpun premi masing-masing sebesar Rp104,25 triliun dan Rp58,87 triliun.

Sampai dengan 26 Agustus 2019 penghimpunan dana melalui pasar modal mencapai Rp120,8 triliun, lebih tinggi dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp113,8 triliun. Adapun jumlah emiten baru pada periode tersebut sebanyak 30 perusahaan dengan pipeline penawaran sebesar 34 emiten dengan total penawaran sebesar Rp22,51 triliun.

Dikatakannya, risiko kredit perbankan berada pada level yang rendah, tercermin dari rasio Non-Performing Loan (NPL) gross perbankan sebesar 2,55 persen (NPL net 1,16 persen ). Sementara itu, rasio Non-Performing Financing (NPF) perusahaan pembiayaan sedikit turun ke level 2,74 persen (NPF net 0,53 persen).

Risiko nilai tukar perbankan berada pada level yang rendah, dengan rasio Posisi Devisa Neto (PDN) sebesar 1,64 persen , di bawah ambang batas ketentuan.

Likuiditas dan permodalan perbankan juga berada pada level yang memadai. Liquidity coverage ratio dan rasio alat likuid/non-core deposit masing-masing sebesar 193,7 persen dan 93,34 persen, di atas ambang batas ketentuan.

Permodalan lembaga jasa keuangan terjaga stabil pada level yang tinggi. Capital Adequacy Ratio (CAR) perbankan perbankan sebesar 23,37 persen. Sejalan dengan itu, Risk-Based Capital industri asuransi umum dan asuransi jiwa masing-masing sebesar 314 persen dan 663 persen, jauh di atas ambang batas ketentuan.

Menurut Anto, OJK senantiasa memantau dinamika ekonomi global dan memitigasi dampak kondisi yang unfavourable terhadap kinerja sektor jasa keuangan domestik terutama terkait dengan profil risiko likuiditas dan risiko kredit.

"OJK juga terus memperkuat koordinasi dengan para stakeholder untuk memitigasi ketidakpastian eksternal yang cukup tinggi, menjaga kontribusi sektor jasa keuangan dalam pembangunan, dan menjaga stabilitas sistem keuangan," katanya.

Baca juga: Indef: Stabilitas makro ekonomi terjaga sepanjang Pemilu 2019

Baca juga: OJK nilai stabilitas jasa keuangan terjaga dan risiko terkendali

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019