Bupati Tambrauw minta masyarakat tidak berburu Cenderawasih

Bupati Tambrauw minta masyarakat tidak berburu Cenderawasih

Bupati Tambrauw Gabriel Asem (ANTARA/ Ernes)

Sorong (ANTARA) - Bupati Tambrauw, Papua Barat, Gabriel Asem meminta masyarakat setempat agar tidak melakukan pemburuan satwa liar yang dilindungi terutama Cenderawasih burung endemik Papua.

"Saya berharap masyarakat tidak menggunakan senapan angin dan menembak burung Cenderawasih yang bermain di sepanjang jalan Kabupaten Tambrauw agar dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata," kata Bupati Gabriel Asem di Sausapor Tambrauw, Rabu.

Dia mengatakan, Tambrauw telah ditetapkan sebagai kabupaten konservasi sehingga masyarakat harus mendukung pemerintah daerah untuk menjaga kelestarian hutan dan satwa liar yang dilindungi.

Baca juga: Kampung Warkesi Raja Ampat tempat nonton burung cendrawasih menari

Menurut dia, burung Cenderawasih merupakan daya tarik wisata sehingga masyarakat harus menjaga burung endemik tersebut agar tidak punah dan dapat dinikmati oleh wisatawan sepanjang masa.

Bupati mengajak masyarakat untuk membuat spot wisata tempat menonton burung Cenderawasih bermain dan menari agar wisatawan berkunjung sehingga masyarakat mendapatkan penghasilan.

Baca juga: Ada dua Cendrawasih endemik Raja Ampat

Ia mengajak pula agar masyarakat menjaga kawasan hutan tempat burung Cenderawasih bermain dengan membuat homestay sehingga wisatawan datang menginap sambil melihat Cenderawasih maka pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat serta hutan terjaga.

Baca juga: Di balik nyanyi merdu burung surga

"Dengan demikian masyarakat telah mendukung program pemerintah daerah wujudkan Tambrauw sebagai kabupaten konservasi yang mendatangkan kesejahteraan," tambah dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

KSOP Sorong siapkan 33 kapal antisipasi lonjakan penumpang

Komentar