Tarik minat wisatawan, Sabang gelar Festival Budaya Etnik Serumpun

Tarik minat wisatawan, Sabang gelar Festival Budaya Etnik Serumpun

Kabag Umum dan Humas Pemko Sabang, Aceh, Bahrul Fikri. (Istimewa)

Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan menggelar Festival Budaya Etnik Serumpun 2019 dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

Kepala Bagian Umum dan Humas Setda Kota Sabang, Bahrul Fikri yang dihubungi dari Banda Aceh, Rabu, mengatakan kegiatan dengan Tema "Melayu Serumpun Bersatu" akan dilaksanakan di Pelabuhan CT3 BPKS pada tanggal 30 Agustus sampai 1 September 2019.
.
"Dunia Melayu adalah suatu konsep tentang manusia dan kebudayaannya dan Aceh merupakan bagian dari dunia melayu," katanya.

Ia menjelaskan dunia melayu merupakan konsep yang menunjukkan hubungan manusia dan budaya dari sejumlah bangsa di Nusantara yang memiliki kesamaan dari segi asal-usul, bahasa, agama, adat istiadat dan kesenian.

Ia mengatakan kegiatan Festival Budaya Etnik Serumpun akan diikuti perwakilan dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Riau dan provinsi lainnya.

"Orang Aceh dan orang Melayu adalah bersaudara, baik karena latar belakang asal-usulnya bangsa yang sama, maupun karena persaudaraan dalam agama dan karena memiliki kesamaan dalam bahasa, adat istiadat dan seni budaya," katanya.

Ia menambahkan walau pun sejarah perkembangan politik, ekonomi, dan pemerintahan bangsa-bangsa di Nusantara itu berbeda satu dengan yang lain, namun dalam hal bahasa, agama, adat istiadat dan kesenian telah membuat manusia Melayu tergolong dalam satu rumpun, satu dunia yang memiliki ciri khas dan kepribadian sendiri, yaitu dunia Melayu.

Baca juga: Sabang International Freediving promosikan wisata Aceh
Baca juga: Pemko Sabang buka pendaftaran duta wisata
Baca juga: Belasan ribu wisatawan kunjungi Sabang


 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jumlah wisatawan meningkat, Pemkot Sabang bertekad perbaiki pelayanan

Komentar