Info Haji

12.915 haji telah dipulangkan melalui Debarkasi Surakarta

12.915 haji telah dipulangkan melalui Debarkasi Surakarta

Jamaah haji dalam Kloter 36 asal Kabupaten Wonosobo di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Boyolali (ANTARA) - Sebanyak 12.915 haji hingga Kamis pagi telah dipulangkan ke Tanah Air melalui Bandara Adi Soemarmo Debarkasi Haji Surakarta, Jawa Tengah, menurut data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

Menurut Kepala Sub Bagian Penerangan, Humas, dan Protokol PPIH Debarkasi Surakarta Agus Widakdo, jamaah haji yang paling kini tiba terdiri atas 360 orang asal Kabupaten Wonosobo yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 36.

Setelah tiba di Bandara Adi Soemarmo pada Kamis pukul 07.45 WIB, jamaah haji dijemput menggunakan bus-bus yang akan mengantarkan mereka ke Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan, mereka mengikuti upacara serah terima dari panitia Debarkasi Surakarta ke panitia daerah. Dari asrama haji, mereka akan diangkut menggunakan bus menuju ke daerah asal.

"Dengan dipulangkannya 360 haji Kloter 36 asal Wonosobo, maka jumlahnya (yang sudah dipulangkan) kini menjadi 12.915 orang atau sekitar 37,2 persen dari total 34.756 orang yang diberangkatkan berhaji," kata Agus.

Sebelum Kloter 36 tiba, jamaah dalam Kloter 34 asal Purworejo tiba di Bandara Adi Soemarmo pada pukul 03.30 WIB, lebih cepat 30 menit dari jadwal semula, disusul Kloter 35 asal Wonosobo pada pukul 05.10 WIB, lebih cepat 25 menit dari jadwal.

PPIH Debarkasi Surakarta pada Kamis juga menurut jadwal akan menerima kedatangan 357 anggota jamaah haji dalam Kloter 37 asal Wonosobo dan Magelang di Bandara Adi Soemarmo pukul 12.35 WIB. 

Menurut data terkini dalam Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Asrama Haji Donohudan Boyolali, anggota jamaah haji dari Embarkasi Surakarta yang meninggal dunia di Tanah Suci bertambah satu orang sehingga total menjadi 50 orang.

Satu anggota jamaah haji yang terakhir meninggal tercatat bernama Wasri Raksa Dikrama (55), warga Pabuaran, Kabupaten Brebes. Dia dilaporkan meninggal dunia di Rumah Sakit Arab Saudi di Mekkah pada Selasa (27/8) karena sakit jantung dan jenazahnya dimakamkan di permakaman umum Sharayya di Kota Suci.

Baca juga:
10.040 haji Jawa Tengah dan DIY telah kembali ke daerah asal

Jamaah haji asal Sukoharjo tiba bandara Adi Soemarmo

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Lepas kepulangan kloter pertama, Amirul Hajj meminta maaf

Komentar