Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Jusuf Kalla meresmikan sistem navigasi keselamatan transportasi kapal, yakni Automatic Indication System (AIS) Kelas B yang merupakan inovasi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dalam acara peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 di Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali.

"Terima kasih Pak Wapres Jusuf Kalla, BPPT akan terus menampilkan inovasi dan teknologi terbaru, menuju Indonesia yang maju, mandiri, adil dan makmur," kata Kepala BPPT Hammam Riza dalam keterangan pers yang diterima Antara, Jakarta, Kamis.

Inovasi teknologi navigasi yang ditujukan BPPT untuk keselamatan transportasi laut itu secara langsung diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir.
Baca juga: BPPT: Pengembangan AIS navigasi kapal tunggu sertifikat dari Kemenhub

Inovasi Automatic Identification System (AIS) adalah sistem navigasi yang bertujuan untuk meningkatkan keselamatan transportasi laut, meningkatkan daya saing industri nasional dan kemandirian bangsa.

Produk Transceiver AIS Kelas B BPPT mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan keselamatan pelayaran yang mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 7 Tahun 2019 tentang Kewajiban Pemasangan dan Pengaktifan Sistem Identifikasi Otomatis Bagi kapal yang berlayar di Wilayah Perairan Indonesia.

AIS Kelas B juga dapat menunjukkan dan memandu ke lokasi posisi ikan.

"Tentu inovasi AIS akan dapat meningkatkan hasil produksi penangkapan ikan serta menjaga keselamatan nelayan yang melaut," ujar Hammam.

Inovasi AIS telah memiliki certificate type approval, yang diberikan oleh Balai Teknologi Keselamatan Transportasi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Baca juga: BPPT miliki dua inovasi "Fast Charging Station" untuk mobil listrik

Baca juga: Kepala BPPT: Inovasi KBL dorong kesiapan Indonesia hadapi industri 4.0

 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019