Tangerang (ANTARA) - Terpilihnya Kota Tangerang sebagai tuan rumah kegiatan Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2019 lantaran cita-cita kehumasan yang sudah diterapkan di Kota Tangerang, kata CEO PR indonesia, Asmono Wikan. 

"Kota Tangerang aktif dalam kegiatan lintas kehumasan serta berprestasi. Posisi Kota Tangerang yang strategis dengan adanya bandara dan sejumlah akses jalan tol serta hasil diskusi-diskusi dengan Wali Kota Tangerang, itulah alasan tercapainya kesepakatan gelaran AHI di Kota Tangerang," jelasnya.

Untuk itu, Asmono berharap kegiatan AHI dapat mengubah dan membuka cara pandang para pemimpin daerah terhadap peran dan fungsi humas pemerintah bagi daerah mereka.

“Di sinilah para humas dapat berbagi informasi, menambah jejaring, meningkatkan kompetensi, sekaligus apresiasi untuk berkembang dan semakin strategis di masa depan," harapnya.

Ia lebih lanjut mengatakan, lahirnya Anugerah Humas INDONESIA (AHI) berawal dari dorongan agar humas pemerintah terus berkembang. Hingga akhirnya, humas menjadi fungsi strategis manajemen bagi instansinya masing-masing.

"Anugerah Humas Indonesia dihadiri oleh 27 Institusi, seperti Kupang, Makassar, Bone, Jogja, Semarang, Lombok, Pasuruan, dan masih banyak lagi," ujar Asmono.

Baca juga: Menkominfo: Praktisi kehumasan harus mengubah cara berkomunikasi

Kegiatan yang diikuti oleh humas se-nusantara ini akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 28 - 30 Agustus 2019. Dimulai dengan konferensi pada hari pertama, workshop di hari kedua, city tour, dan ditutup dengan malam puncak penganugerahan di hari ketiga.

Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah mengatakan, keberhasilan konsep Tangerang LIVE (Liveable, Investable, Visitable, dan E-City) sebagai branding Kota Tangerang adalah hasil kerjasama semua pihak baik pemerintah, swasta, dan masyarakat.

"Konsep Tangerang LIVE yang telah berkembang lima tahun ini telah menunjukkan beberapa hasil yang dapat dinikmati khususnya untuk warga Kota Tangerang," ucap Arief.

Lebih jauh, Arief mengatakan untuk menyebarluaskan program-program pemerintah tentunya diperlukan beberapa strategi agar keberhasilan suatu program sesuai dan tepat sasaran.

"Strategi Pemkot Tangerang melalui berbagai media baik cetak, elektronik maupun online. Kunci keberhasilan dimana seluruh unsur kehumasan bisa bersinergi menyampaikan program pemerintah," ujarnya.

Wali Kota mengharapkan AHI 2019 bisa menambah pengalaman dan keilmuan tentang strategi humas dalam menyampaikan program-program serta visi misi pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Semoga teman-teman humas dari berbagai daerah setelah mengikuti forum ini bisa berbagai pengalaman dan keilmuan mengenai kehumasan," ujarnya.

Baca juga: Sesjen MPR ingatkan peran humas sebagai jembatan komunikasi negara dan rakyat

Baca juga: Forum Humas BUMN gelar sertifikasi kehumasan

 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019