Deklarasi ini adalah langkah yang sangat baik dalam mendukung kamtibmas tetap kondusif di Tanah Papua, tambah dia
Sorong (ANTARA) - Polres Sorong memelopori elemen masyarakat melaksanakan deklarasi damai Indonesia Bersatu dan mengajak masyarakat untuk hidup berdampingan secara damai.

Deklarasi yang digelar di Mapolres Sorong, Kamis, dihadiri oleh Bupati Sorong Johny Kamuru, Bupati Tambrauw Gabriel Asem, Kapolres Sorong AKBP Dewa Made Sidan Sutrahna, Komandan Kodim 1802 Sorong Letkol Inf Budiman, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan, serta pemangku kepentingan seluruh Kabupaten Sorong.

Kapolres Sorong mengatakan, kegiatan deklarasi ini merupakan upaya polres guna mengajak masyarakat menjaga situasi keamanan dan ketertiban tetap kondusif.

Baca juga: Polisi tetapkan seorang Napi tersangka pembakaran Lapas Sorong

Sebab, kata Kapolres, permasalahan yang terjadi di daerah Papua belakangan ini membutuhkan penyelesaian secara baik dan mengutamakan persatuan.

Deklarasi ini merupakan agenda polres bersama seluruh elemen masyarakat Sorong yang bersatu dan menunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa Sorong mencintai kedamaian," ujarnya.

Komandan Kodim 1802 Sorong Letkol Inf Budiman yang memberikan keterangan terpisah mengatakan, pelaksanaan deklarasi damai ini merupakan langkah yang positif bagi komponen bangsa untuk kedamaian Papua.

Baca juga: GSK serukan jalan damai selesaikan persoalan Papua

Dia berharap dengan deklarasi damai tersebut situasi kamtibmas Kabupaten Sorong dan Tambrauw tetap kondusif dan masyarakat hidup dalam damai.

"Deklarasi ini adalah langkah yang sangat baik dalam mendukung kamtibmas tetap kondusif di Tanah Papua," tambah dia.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019