counter

Liga Champions

Daftar tim Liga Champions, mimpi Liverpool triruntun capai final

Daftar tim Liga Champions, mimpi Liverpool triruntun capai final

Bek Liverpool Trent Alexander-Arnold mencium trofi Liga Champions seusai timnya menjadi juara dengan mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 dalam partai final di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, Sabtu (1/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Jakarta (ANTARA) - Daftar peserta putaran final Liga Champions resmi terkumpul 32 tim setelah rangkaian laga kedua babak playoff rampung digelar pada Kamis dini hari WIB dan membagikan enam tiket terakhir untuk para tim-tim pemenang.

Enam tim tersebut adalah Ajax, Club Brugge, Dinamo Zagreb, Olympiakos, Red Star Belgrade dan Slavia Praha yang akan mewarnai putaran final Liga Champions 2019/20 di mana juara bertahan Liverpool bermimpi untuk bisa mencatatkan torehan bersejarah yakni triruntun mencapai partai final.

Baca juga: Club Brugge dan Slavia Praha lengkapi peserta fase grup Champions

Tim besutan Juergen Klopp itu tampil di partai final dalam dua musim terakhir, namun kalah 1-3 dari Real Madrid pada 2018 dan akhirnya meraih juara usai membenamkan Tottenham Hotspur 2-0 setahun berselang.

Jika berhasil melakukannya, Liverpool bakal jadi tim ketiga yang tampil di partai puncak antarklub Eropa tiga musim beruntun di era Liga Champions (dimulai sejak 1992/93, sebelumnya dikenal sebagai Piala Champions) menyusul Juventus (1996-1998) dan Real Madrid (2016-2018).

Jose Mourinho, pelatih dua kali juara Champions bersama Porto dan Inter Milan, sempat memprediksikan Liverpool bisa melakukannya hanya beberapa jam setelah The Reds mengangkat trofi Kuping Besar keenam mereka di Madrid awal Juni lalu.

Baca juga: Dinamo Zagreb cuma butuh hasil imbang susul Olympiakos ke fase grup

Tantangan Liverpool tentu tak mudah, mengingat musim ini Madrid kembali ditangani Zinedine Zidane, manajer yang sempat mengantarkan Los Blancos mengukir torehan itu bahkan menjadi pelatih pertama dengan rekor juara triruntun Champions.

Di sisi lain, tim-tim bergelimang dana dari Timur Tengah seperti Manchester City maupun Paris Saint-Germain juga masih berambisi "membeli" trofi Champions perdana masing-masing.

Belum lagi tim-tim pemilik emblem kehormatan lain seperti Barcelona, Bayern Muenchen dan Ajax tentunya tak memupuk asa mereka untuk bisa mengulangi kejayaan di Daratan Biru.

Baca juga: Ajax lolos ke fase grup berkat kemenangan atas APOEL

Hadangan tak hanya datang dari tim-tim bernama besar dan bersejarah panjang, kejutan bisa selalu menanti dari mereka yang diremehkan sebagaimana dilakukan Mourinho bersama Porto pada 2004. Musim ini Champions akan menyambut klub Italia, Atalanta, yang melakoni debutnya di kompetisi tertinggi antarklub Eropa.

Apapun itu, 32 klub siap memulai kembali gelaran kompetisi paling bergengsi di Eropa diawali dengan pengundian pembagian fase grup pada Kamis petang (malam WIB) di Monaco.

Liverpool sebagai juara bertahan Champions dan Chelsea selaku juara bertahan Liga Europa berada di Pot 1 bersama tim-tim juara enam liga tertinggi Eropa yakni Barcelona (Spanyol), Manchester City (Inggris), Juventus (Italia), Bayern Muenchen (Jerman), Paris Saint-Germain (Prancis) dan Zenit St. Petersburg (Rusia).

Sisanya tim-tim bakal dibagi ke tiga wadah lain berdasarkan jumlah koefisiensi mereka hingga akhir musim 2018/19. Selanjutnya mereka akan dibagi ke dalam delapan grup dan tim-tim yang berasal dari satu negara tidak diperkenankan berada dalm satu grup.

Baca juga: Red Star ungguli agregat Young Boys demi pastikan fase grup Champions

Berikut daftar peserta Liga Champions berdasarkan pot masing-masing (tim, status dan asal negara):

Pot 1: Liverpool (juara bertahan, Inggris); Chelsea (juara bertahan Liga Europa, Inggris); Barcelona (Spanyol); Manchester City (Inggris); Juventus (Italia); Bayern Muenchen (Jerman); Paris Saint-Germain (Prancis); Zenit St. Petersburg (Rusia)

Pot 2: Real Madrid (Spanyol); Atletico Madrid (Spanyol); Borussia Dortmund (Jerman); Napoli (Italia); Shakhtar Donetsk (Ukraina); Tottenham Hotspur (Inggris); Benfica (Portugal); Ajax (Belanda)

Pot 3: Bayer Leverkusen (Jerman); Olympique Lyon (Prancis); Red Bull Salzburg (Austria); Valencia (Spanyol); Inter Milan (Italia); Olympiakos (Yunani); Club Brugge (Belgia); Dinamo Zagreb (Kroasia)

Pot 4: Lokomotiv Moskow (Rusia); KRC Genk (Belgia); Galatasaray (Turki); RB Leipzig (Jerman); Atalanta (Italia); Lille (Prancis); Slavia Praha (Republik Ceko); Red Star Belgrade (Serbia)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar