Kodam menyiagakan dua SSK diperbantukan ke Polda
Jakarta (ANTARA) - Aparat keamanan menghalau massa peserta demonstrasi di Kota Jayapura, Papua, yang bertindak anarkis dengan tembakan gas air mata.

Pantauan langsung wartawan ANTARA dari Jayapura, Kamis, peserta demonstrasi yang berjalan kaki bertindak anarkis dengan melempari gedung pertokoan dan perkantoran, serta membakar mobil di jalan yang mereka lewati.

Polisi yang dibantu TNI telah menembakkan gas air mata untuk membubarkan kerumunan massa yang sudah bertindak anarkis tersebut, sehingga mereka terlihat berlarian mundur.

ANTARA juga melihat dari kejauhan Kantor Pos dan Kantor Telkomsel Jayapura terbakar. Massa juga membakar mobil di jalan serta melempari gedung pertokoan dan perkantoran.

Baca juga: Kodam Cenderawasih siapkan dua SSK bantu keamanan Jayapura
Baca juga: Aparat keamanan pasang kawat berduri di obyek vital Jayapura


Aparat keamanan telah memasang kawat berduri di objek-objek vital di sepanjang jalan dari Kota Abepura ke Jayapura, Papua, yang akan di lewati para peserta demonstrasi yang berlangsung sejak Kamis pagi.

Dalam menghadapi demonstran ini, pihak Kodam juga telah menyiapkan dua SSK guna membantu polisi menghadapi para peserta demonstrasi tersebut. "Kodam menyiagakan dua SSK diperbantukan ke Polda," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto.

Baca juga: Akses komunikasi gunakan telepon dan SMS dimatikan di Jayapura
Baca juga: Pengamat: pembatasan jaringan telekomunikasi Papua bukan solusi


 

Kerusuhan Papua

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi, Evarukdijati dan Joko Susilo
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019