Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Tengah Yulistra Ivo Sugianto Sabran mengatakan, tujuan dilaksanakannya Jambore Kader PKK tingkat provinsi adalah untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan dari para kader.

"Selain itu, juga untuk memberikan penghargaan atas prestasi para kader, sekaligus memotivasi mereka untuk meningkatkan kinerjanya dalam rangka mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Ivo memaparkan, jambore kader juga sebagai sarana meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, serta kebersamaan diantara para kader yang berasal dari seluruh kabupaten dan kota se-Kalteng.

Diketahui bersama, gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur.

"Melalui gerakan PKK, kami juga ingin setiap keluarga di Kalteng sehat dan sejahtera, maju, mandiri serta terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender maupun kesadaran hukum hingga lingkungan," ungkapnya.

Mengingat pentingnya tujuan dari gerakan PKK, diperlukan kinerja yang benar-benar optimal di setiap lini oleh para kader. Baik kader yang ada di tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga kelurahan ataupun desa.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya juga telah menekankan kepada setiap kader untuk lebih peduli terhadap masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat atau pun lingkungan sekitarnya. Salah satu yang utama, yakni membantu pemerintah daerah mengatasi permasalahan stunting atau gagal tumbuh.

"Maka dalam kesempatan ini saya tegaskan, bahwa TP PKK Kalteng berkomitmen bersama dengan pemerintah daerah, ikut serta dalam upaya-upaya pencegahan serta penanggulangan stunting," jelas Ivo.

Sementara itu, pelaksanaan Jambore Kader PKK Kalteng, merupakan yang keenam kalinya diselenggarakan. Pada tahun 2019 ini, tercatat ada sekitar 330 orang peserta yang berpartisipasi dari seluruh kabupaten dan kota.

Ragam lomba dan kegiatan yang dilaksanakan, diantaranya lomba defile, penyuluhan pelaksanaan 10 program pokok PKK, senam kreasi, fashion show, seminar mengenai public speaking dan capacity building.

Pewarta: Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat/ADV
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2019