Pemuda Papua dorong kesadaran tidak mudah terpecah

Pemuda Papua dorong kesadaran tidak mudah terpecah

Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Papua Merah Putih berunjuk rasa di Jakarta, Kamis (29/8/2019). Mereka menyatakan komitmen terhadap NKRI dan tidak boleh ada separatisme Papua. (Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Papua Merah Putih)

Jakarta (ANTARA) - Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Papua Merah Putih mendorong kesadaran masyarakat agar tidak mudah terpecah oleh isu-isu yang menghasut terkait Papua.

"Perlunya kesadaran yang harus dibangun oleh masyarakat agar tidak mudah terhasut oleh berbagai macam isu yang dapat memecah belah persatuan bangsa Indonesia," kata Koordinator Lapangan Aksi Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Papua Merah Putih Rimang Mote dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan warga Papua menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan NKRI dan menolak segala macam provokasi berbentuk SARA terhadap warga Papua.

Rimang juga mengecam adanya isu-isu separatis yang bergulir untuk memanfaatkan situasi Papua yang tidak kondusif.

Separatisme Papua, kata dia, mengemuka seiring kericuhan yang terjadi di tanah Papua beberapa waktu lalu.

"Kitong Papua menolak berkibarnya bendera Bintang Kejora di bumi Indonesia. Kitong menolak berbagai aksi unjuk rasa yang juga bernuansa separatis," katanya.

Indonesia, kata dia, adalah suatu negara yang mempunyai keanekaragaman sehingga harus saling menghormati perbedaan budaya, suku dan agama satu sama lainnya.

"Kitong juga menuntut agar aparat kepolisian segera mengambil tindakan tegas dalam penegakan hukum atas pengibaran bendera bintang kejora yang dilarang oleh aturan pemerintah," kata dia.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

229 Pasukan elite TNI AU amankan penerbangan di Papua

Komentar