counter

Beberapa ruas jalan di Jakarta ditutup sambut Tahun Baru Islam

Beberapa ruas jalan di Jakarta ditutup sambut Tahun Baru Islam

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah memberikan pernyataan pada awak media mengenai Jakarta Muharram Festival di Balai Kota Jakarta, Kamis (29/8/2019). Kegiatan tersebut, dilaksanakan dalam memperingati 1 Muharram 1441 Hijriah atau populer disebut tahun baru islam yang jatuh pada Sabtu (31/8) mendatang. (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 2.600 orang dijadwalkan akan mengikuti kegiatan pawai obor dalam memperingati 1 Muharam 1441 Hijriah atau populer disebut Tahun Baru Islam yang jatuh pada Sabtu (31/8) malam, sehingga beberapa jalan harus ditutup.

Pawai obor akan dilaksanakan oleh sekitar 2.600 orang yang membawa obor dari titik awal Patung Arjuna Wijaya hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI). Pawai obor direncanakan akan berjalan pada pukul 19.00 WIB dan sampai di Bundaran HI sekitar pukul 19.30 WIB.

"Pawai obor masuk dalam rangkaian Jakarta Muharam Festival yang juga dimeriahkan atraksi tari, lagu religi dan salawat nabi serta artis-band nasional. Ada pula tausiah dan doa bersama yang akan dilakukan dalam momen pergantian Tahun Hijriah tersebut," kata Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah, di Balai Kota Jakarta, Kamis petang.

Selain itu, kegiatan Jakarta Muharam Festival akan diiringi dengan Halal Culinary Festival yang berlokasi di dua titik utama, yaitu Jalan Kebon Kacang Raya dan Jalan Imam Bonjol.

Dengan adanya rencana kegiatan tersebut, Saefullah menjelaskan akan ada penutupan beberapa ruas jalan di sekitar lokasi kegiatan sebagai efek dari kegiatan tersebut.

"Sebanyak 303 petugas Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta untuk berjaga serta memandu rekayasa lalu lintas di beberapa titik sekitar lokasi kegiatan melalui penutupan dan pengalihan arus mobilitas kendaraan bermotor," ujar Saefullah.

Ruas-ruas jalan yang akan dilakukan penutupan adalah:
1. Ruas Jl MH Thamrin sisi Timur & Barat dari Sp Sarinah sd Bundaran Hotel Indonesia);
2. Ruas Jl Jenderal Sudirman sisi Barat (dari Dukuh Atas sd Bundaran Hotel Indonesia);
3. Ruas Jl Imam Bonjol (dari Bundaran Hotel Indonesia sd Sp Jl Agus Salim).
Rencana rekayasa arus lalu lintas saat Jakarta Muharam Festival 2019. Kegiatan tersebut, dilaksanakan dalam memperingati 1 Muharam 1441 Hijriah atau populer disebut Tahun Baru Islam yang jatuh pada Sabtu (31/8) mendatang. (ANTARA/Istimewa)

Sedangkan, rencana pengalihan arus lalu lintas direncanakan sebagai berikut:
1. Arus lalu lintas dari arah Jl Wahid Hasyim sisi Timur yang akan belok kiri menuju Jl MH Thamrin dialihkan lurus ke Jl Wahid Hasyim sisi Barat;
2. Arus lalu lintas dari Jl Kebon Kacang Raya yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia diarahkan putar balik;
3. Arus lalu lintas dari Jl Teluk Betung yang akan menuju Jl Sudirman;
4. Arus lalu lintas dari Jl Imam Bonjol yang akan menuju Jl Pamekasan atau belok kanan menuju Jl Agus Salim;
5. Arus lalu lintas dari arah Semanggi yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia dialihkan belok kiri (dukuh atas) menuju Jl RM Margono Djodjohadikoesoemo.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta menyediakan lokasi parkir bagi masyarakat yang membawa kendaraan bermotor dan akan turut serta memeriahkan momen pergantian Tahun Baru Hijriah, antara lain di IRTI Monas, Jl Imam Bonjol, dan Plaza Mandiri.

"Namun kami menyarankan untuk menghindari arus kepadatan kendaraan dari dan ke lokasi kegiatan, masyarakat juga dapat menggunakan fasilitas transportasi umum massal, seperti MRT Jakarta, Transjakarta, dan Kereta Commuter Line," ujar Saefullah.

Kegiatan Jakarta Muharram Festival dikabarkan akan dihadiri oleh duta besar dari negara-negara sahabat termasuk negara-negara yang memiliki kota berstatus Sister City dengan DKI Jakarta.

Selain itu, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah juga akan turut hadir dalam kegiatan yang dimeriahkan melalui tiga panggung hiburan di sekitar Bundaran HI yang akan menampilkan grup band Potret, Wali, Kotak, Koes Plus Junior, Kanda Brothers, Jiung Band, dan Hijab Band serta dimeriahkan oleh penyanyi dan artis nasional seperti Pasha, Opick, Wika Salim, dan Takaeda.

Ada juga Ustaz Maulana dan Ustaz Syamsuddin Noor juga dipastikan akan mengisi rangkaian momen akhir tahun 1440 Hijriah. Kegiatan itu akan dimulai sejak pukul 17.00-23.00 WIB ini akan memiliki dua kali jeda (istirahat) untuk pelaksanaan Shalat Maghrib dan Isya secara berjamaah.

Karena itu, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Disgulkarmat) Provinsi DKI Jakarta dan PAM Jaya akan menyediakan 10 titik untuk wudhu yang berada di titik terluar jalan-jalan sekitar pusat acara di Bundaran HI, namun sajadah ataupun alas lainnya untuk ibadah shalat berjamaah tidak disediakan.

Sekitar 3.700 aparat gabungan dari personel polisi dan Satpol PP diterjunkan dan siap siaga dalam rangka pengamanan seluruh rangkaian kegiatan Jakarta Muharam Festival tersebut.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pawai Obor ramaikan Bundaran HI

Komentar