Jakarta (ANTARA) - Pebalap Prancis Esteban Ocon akan membalap bersama Renault di musim balapan Formula 1 2020, umum tim asal Prancis itu, Kamis.

Ocon (22), yang menjadi pebalap cadangan di musim ini, akan menggantikan Nico Hulkenberg untuk membalap bersama Daniel Ricciardo sebagai salah satu bagian kontrak dua tahun yang ia setujui hingga 2021.

"Saya punya hubungan yang sangat kuat dengan tim ini dan semua yang bekerja di sini," kata Ocon seperti dikutip Reuters.

Ocon menjadi pebalap cadangan Renault sejak 2016 dan telah menjadi bagian dari program pebalap junior ketika tim itu dimiliki Lotus.

"Mereka lah yang membukakan pintu ke dunia balap mobil tingkat teratas untukku."
 


Ocon, yang sebelumnya membalap untuk Force India dan kemudian berganti nama menjadi Racing Point setelah tim itu punya pemilik baru, telah disediakan satu bangku bersama Renault musim lalu.

Namun talenta muda itu mendapati dirinya digeser setelah Renault memboyong Ricciardo dari Red Bull.

Ocon juga diisukan menjadi rekan satu tim juara dunia lima kali Lewis Hamilton di Mercedes. Namun tim yang bermarkas di Brackley itu telah memilih untuk memperpanjang kontrak Valtteri Bottas.

Baca juga: Mercedes perpanjang kontrak Bottas hingga 2020

Baca juga: GP Belgia dalam angka

Ocon akan melanjutkan kewajibannya di Mercedes sebagai pebalap cadangan hingga akhir musim ini.

"Sepanjang kariernya di Formula 1 Esteban telah merasakan manis dan pahitnya olah raga itu, dan memahami penuh perlunya meraih setiap kesempatan yang ada," kata kepala tim Renault Cyril Abiteboul.

"Dia telah menunjukkan kemampuannya meraih poin, memiliki profesionalitas yang tinggi... ditambah pengalamannya sebagai pebalap cadangan juara dunia saat ini akan menjadi aset berharga bagi perkembangan seluruh tim kami."

Renault saat ini berada di peringkat enam klasemen konstruktor dari 10 tim yang berlaga.

Sementara itu, belum ada kabar resmi ke mana Hulkenberg akan berlabuh tahun depan, namun pebalap Jerman itu dihubungkan dengan isu kepindahannya ke Haas menggantikan Romain Grosjean.

Baca juga: Sirkuit Catalunya tetap di kalender Formula 1 hingga 2020

Baca juga: Berkaca hasil paruh musim, Ferrari ingin bangkit di Spa dan Monza

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019