counter

Liga Europa

AZ Alkmaar lengkapi Trio Belanda melenggang ke fase grup Liga Europa

AZ Alkmaar lengkapi Trio Belanda melenggang ke fase grup Liga Europa

Para pemain AZ Alkmaar meluapkan kegembiraan usai meloloskan diri ke fase grup Liga Europa usai menang 4-1 di markas Antwerp dalam leg kedua playoff di Stadion King Baudouin, Brussels, Belgia, Kamis (29/8/2019) setempat. ANTARA/Twitter/AZ Alkmaar/pri

Jakarta (ANTARA) - AZ Alkmaar sukses melewati hadangan Antwerp dan membukukan kemenangan 4-1 dalam leg playoff kedua Liga Europa untuk melengkapi Trio Belanda melenggang ke fase grup.

Bertandang ke Stadion King Baudouin, Brussels, Belgia, Jumat dini hari WIB, AZ membutuhkan babak tambahan waktu dan dua kartu merah untuk pemain Antwerp untuk akhirnya membukukan kemenangan tersebut dan lolos berkat agregat 5-2 atas Antwerp, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Trio Belanda lanjut ke babak playoff

AZ sebetulnya memiliki keuntungan jumlah pemain sejak menit ke-35 menyusul kartu kuning kedua Dieudonne Mbokani, namun itu tak bisa mereka manfaatkan bahkan tertinggal lebih dulu akibat gol Didier Lamkel Ze pada menit ke-74.

Ironisnya perayaan Lamkel Ze berlebihan dan membuatnya juga diberi kartu kuning kedua dan Antwerp hanya menyelesaikan pertandingan dengan sembilan pemain saja.

Keadaan itu kali ini berhasil dimanfaatkan oleh AZ untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-90 Calvin Stengs akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 sehingga pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Ketimpangan jumlah pemain terasa benar pada babak tambahan waktu, AZ mencetak tiga gol tambahan lewat Ferdy Druijf, penalti Teun Koopmeiners dan Albert Gudmundsson demi memastikan kemenangan 4-1.

Baca juga: Espanyol kembali ke kompetisi Eropa setelah 13 tahun

Sembari memupuskan asa Antwerp kembali tampil di putaran final kompetisi Eropa setelah 14 tahun absen, AZ mendampingi dua tim Belanda lainnya, Feyenoord dan PSV Eindhoven, melaju ke putaran final Liga Europa 2019/20. Feyenoord lolos ke fase grup usai memiliki skor agregat 6-0 atas tim Israel Hapoel Be'er Sheva.

Ketika bertandang ke markas Be'er Sheva untuk leg kedua playoff, Feyenoord kembali membukukan kemenangan 3-0 atas tuan rumah berkat gol-gol Orkun Kokcu, Steven Berghuis dan Wouter Burger.

Sedangkan PSV yang mengunjungi Siprus mereka sukses mengalahkan Apollon 4-0 lewat dwigol Donyell Malen melengkapi gol-gol Mohamed Ihattaren dan Mitroglou. Kemenangan itu membuat PSV lolos dengan skor agregat 7-0 atas Apollon.

Dalam laga lain yang juga berlangsung bersamaan Braga menang 2-1 di markas Spartak Moskow untuk meloloskan diri dengan agregat 3-1, sementara AEK Athens mendapati kemenangan 2-0 yang mereka bukukan di kandang Trabzonspor karena kalah agresivitas gol tandang dalam agregat 3-3.

Baca juga: Jadwal playoff Liga Europa, Wolverhampton tebus start lambat domestik

Susunan pemain:

Antwerp (4-2-3-1): Sinan Bolat; Ritchie de Laet (Robbe Quirynen), Abdoulaye Seck, Dylan Batubinsika, Simen Juklerod; Faris Haroun, Alexis de Sart (Amara Baby); Ivo Rodrigues (Martin Hongla), Lior Refaelov (Dino Arslanagic), Didier Lamkel Ze; Dieumerci Mbokani
Pelatih: Laszlo Boloni

AZ Alkmaar (4-3-3): Marco Bizot; Jonas Svensson (Ferdy Druijf), Ron Vlaar, Stijn Wuytens (Yukinari Sugawara), Owen Wijndal; Fredrik Midtsjo, Teun Koopmeiners, Thomas Ouwejan (Albert Gudmundsson); Calvin Stengs, Myron Boadu (Jordy Clasie), Oussama Idrissi
Pelatih: Arne Slot

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar