Aktivis demokrasi Hong Kong Joshua Wong ditangkap

Aktivis demokrasi Hong Kong Joshua Wong ditangkap

Mantan pemimpin mahasiswa Joshua Wong bersama Nathan Law berpose setelah dibebaskan di luar penjara karena perannya dalam "Gerakan Payung", di Hong Kong, China, (17/6/2019). ANTARA/REUTERS/Tyrone Siu/aa

Hong Kong (ANTARA) - Aktivis demokrasi Hong Kong, Joshua Wong, ditangkap pada Jumat menjelang aksi protes lanjutan akhir pekan di kota itu, yang dikuasai China, dan yang  bergulat dengan krisis politik terparahnya sejak diserahkan kepada Beijing lebih dari dua dekade lalu.

Wong, wajah utama demokrasi Hong Kong selama aksi protes 2014 yang melumpuhkan sejumlah bagian di kota  itu selama 79 hari, dibebaskan dari penjara pada Juni setelah menjalani hukuman lima pekan lantaran menghina pengadilan.

Baca juga: Usai dibebaskan, aktivis demokrasi Hong Kong janji ikuti demonstrasi

"Ia tiba-tiba didorong masuk ke sebuah mobil pribadi di jalan," menurut partai politik Wong, Demosisto, yang mengadvokasi demokrasi yang lebih besar di Hong Kong, di akun Twitter miliknya.

"Ia kini dikawal ke markas polisi di Wan Chai," katanya, menambahkan bahwa pengacaranya sedang mengerjakan kasus itu.

Baca juga: Thailand cegah masuk pegiat Hong Kong Joshua Wong

Kepolisian tidak langsung menanggapi untuk dimintai keterangan.

Keresahan di Hong Kong meningkat pada pertengahan Juni terkait RUU ekstradisi yang kini ditunda, yang akan memungkinkan warga Hong Kong diadili di pengadilan yang dikendalikan Partai Komunis di China Daratan.

Baca juga: Pemimpin gerakan mahasiswa Hong Kong dicegah masuk Malaysia

Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Koarmada I tangkap kapal Hong Kong bermuatan besi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar