Rencana tanggal 5 September 2019 Presiden akan meresmikan palapa ring wilayah Timur atau yang dikenal dengan toll awan di wilayah Timur di Agats,
Wamena (ANTARA) - Presiden RI, Joko Widodo direncanakan meresmikan program palapa ring Timur pada 5 September 2019 di Asmat, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jayawijaya, Isak Sawaki di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Jumat, mengatakan setelah peresmian palapa ring sudah bisa digunakan.

Informasi terakhir yang diperoleh Kominfo Jayawijaya bahwa proyek palapa ring Papua sudah selesai setelah dirampungkan yang dibangun di Kabupaten Puncak, Papua.

Baca juga: Billy Mambrasar anak penjual kue di Papua menuju Harvard

"Rencana tanggal 5 September 2019 Presiden akan meresmikan palapa ring wilayah Timur atau yang dikenal dengan toll awan di wilayah Timur di Agats," ujarnya.

Isak Sawaki mengatakan rekanan yang menangani pembangunan tower palapa ring akan menyerahkan ke pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kominfo,  sebagai pemberi pekerjaan atau pemilik proyek.  

Lalu,  dari Kementerian Kominfo akan dikelolakan oleh pemerintah daerah.

Setelah rekanan yang mengerjakan dan menyiapkan BTS itu, kemudian menyerahkan kepada  pemerintah dan selanjutnya  diserahkan ke masing-masing pemerintah daerah, katanya.

Baca juga: Papua Terkini - Tokoh muda Papua minta pemuda redam amarah

Diskominfo Jayawijaya telah menyurati Kemenkominfo untuk meminta penyediaan satu giga dari palapa ring untuk kebutuhan Jayawijaya.

"Nanti saat peresmian palapa ring baru kita realisasikan satu giga itu," lanjutnya.

Baca juga: Papua Terkini : Gubernur Papua diminta buat pernyataan menyejukkan

Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019