Teknologi USAT tersebut mampu menstabilkan arah pointing ke satelit yang dituju walaupun platform tempat antena bergoyang atau bergerak.
Jakarta (ANTARA) - Telkomsat dalam pameran Inamarine 2019 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, menampilkan produk unggulan seperti sistem internet di atas kapal (Coconnet), serta Vessel Information System (VIS) untuk memonitoring logistik dan pergerakan kapal.

Selain itu, perusahaan juga menampilkan layanan Ultra Small Aperture Terminal (USAT) yakni solusi layanan untuk segmen low cost maritim dan pemilik kapal kecil.

"Teknologi USAT tersebut mampu menstabilkan arah pointing ke satelit yang dituju walaupun platform tempat antena bergoyang atau bergerak," kata Senior Executive Account Manager Maritime, Oil and & Gas, and Aviation Telkomsat Tjatur Prasetyo dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Di pameran yang digelar tanggal 28-30 Agustus 2019 itu, perusahaan secara rutin mengikuti pameran Inamarine ini setiap tahunnya, terhitung sudah lima kali mengikuti pameran ini baik yang di Surabaya maupun di Jakarta.

Melalui pameran ini Telkomsat berkesempatan memperkenalkan produk dan layanan maritim nya berupa solusi layanan terintegrasi untuk telekomunikasi maritim.

Dikatakan, teknologi USAT interkoneksi untuk akses internet dan aplikasi lain yang sangat dibutuhkan bagi kegiatan bisnis di lepas pantai dan di tengah laut dapat terpenuhi.

AVP Corporate Communication Telkomsat, Sinai Handayani mengatakan bahwa pihaknya menilai pameran ini cukup bergengsi untuk diikuti karena merupakan pameran Maritime & Offshore terbesar yang diikuti oleh kurang lebih 162 eksibitor baik dari dalam maupun luar negeri.

"Melalui pameran ini Telkomsat berharap dapat menarik pelaku bisnis maritim beserta ekosistem maritim di Indonesia untuk dapat menggunakan produk dan layanan Telkomsat untuk setiap kegiatan bisnis maritim," kata Sinai.

Seperti yang diketahui, pameran sekaligus seminar ini merupakan pameran industri perkapalan dan industri berskala internasional dan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan untuk ke-9 kalinya dengan mengusung tema "Strategy andThe Challenges: ASEAN Port & Maritime Indutry 4.0 dan Opportunities of Maritime and Agriculture Industry 4.0".

Dalam kegiatan ini, juga diisi dengan kegiatan seminar dengan antara lain membahas revolusi industri 4.0, tantangan satelit komunikasi dan navigasi, serta perkembangan pelabuhan.

Baca juga: Internet jadikan belajar mengajar lebih kondusif
Baca juga: MangoeSky raih penghargaan Layanan Internet Wilayah Rural

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019