ACT Sumsel-Pelindo II kembali distribusikan 105.000 liter air bersih

ACT Sumsel-Pelindo II kembali distribusikan 105.000 liter air bersih

Kepala Bagian SDM PT Pelindo Ii Palembang, Lukman, nampak ikut memindahkan air dari truk tangki ke ember warga yang dibawa bersama ACT Sumsel, Jumat (30/8) (Antara News Sumsel/Aziz Munajar/HO-ACT/19)

Air bersih yang didistribusikan ke dua desa tersebut berasal dari dana yang dihimpun Maziska Pelindo.
Palembang (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap Sumatera Selatan dan PT Pelabuhan Indonesia II Palembang kembali mendistribusikan 105.000 liter air bersih ke Desa Sarang Elang dan Desa Sri Banding Kabupaten Ogan Ilir yang mengalami kekeringan.

Kepala Bagian SDM PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, Lukman, Jumat, mengatakan air bersih yang didistribusikan ke dua desa tersebut berasal dari dana yang dihimpun Maziska Pelindo.

"Terimakasih untuk ACT yang telah membantu menyalurkan distribusi air bersih, Insyaallah selanjutnya kami juga berencana memberikan bantuan lagi ke sini," ujar Lukman saat penyaluran air bersih.

Air bersih tersebut dibawa dengan 15 unit truk tangki air berkapasitas 7.000 liter, jalanan menuju Desa Sarang Elang dan Desa Sri Banding sendiri cukup terjal dan berliku serta jaraknya ditempuh dua jam dari Kota Palembang.

Desa Sarang Elang dihuni oleh 128 kepala kuarga dan Desa Sri Banding dihuni oleh 228 keluarga, dua desa tersebut mengalami kekeringan ganas yang mengeringkan sumber air warga, lingkungan sekitar desa turut terkena dampaknya dengan tumbuh-tumbuhan yang menguning.

Baca juga: ACT gelontorkan bantuan air bersih untuk warga Gresik

Para warga pun terpaksa mengambil air di lokasi cukup jauh dari tempat tinggal mereka, bahkan sebagian warga lebih memilih membeli air setiap hari demi mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Kami berharap apa yang diberikan hari ini dapat bermanfaat untuk warga setempat," tambah Lukman.

Sebelumnyaa pada Bulan Juli Maziska PT Pelindo II juga telah menghadiahkan sumur wakaf dilengkapi fasilitas MCK untuk warga di Dusun Air Itam Palembang, Sumsel.

Sementara ACT Sumsel sendiri total telah mendistribusikan 240.000 liter air bersih ke berbagai titik desa kekeringan yang menjangkau 10.000 jiwa di Sumatera Selatan, hasil berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Melalui program Gerakan SEDEKAH AIR untuk Saudara Sebangsa, ACT Sumsel mengajak semua masyarakat bahu-membahu mengirimkan bantuannya melalui aksi-aksi nyata kepada masyarakat yang sedang mengalami krisis air bersih dan kekeringan melalui link donasi: bit.ly/DermawanSumselBantuKekeringan

Baca juga: Bantuan air bersih terus digulirkan ke Gunungkidul
Baca juga: ACT Sulsel sasar warga Takalar distribusi air bersih

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Relawan tak hanya untuk bencana alam

Komentar