Indonesia sebagai negara maritim memiliki kekayaan laut yang luar biasa, anak muda memiliki peran besar untuk membangun kemaritiman di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2019 mendapatkan pembekalan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan hal yang paling diutamakan adalah semangat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pembekalan yang digelar di Hotel Ibis Kemayoran, Jakarta, Jumat, sendiri dilakukan langsung oleh Deputi Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah serta pejabat di lingkungan Kemenpora lainnya Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda IG Putu Raka Pariana.

"Saya bangga dan senang melihat semangat adik-adik semua yang sudah terpilih menjadi peserta Kapal Pemuda Nusantara 2019. Kalian berasal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, hari ini kita tahu di Papua terjadi kejadian yang tidak kita inginkan. Mari kita sama-sama berdoa untuk Papua dan keutuhan NKRI bangsa Indonesia," kata Faisal Abdullah dalam keterangan resminya.

Program Kapal Pemuda Nusantara 2019 merupakan program prioritas Kemenpora dengan tujuan menjadikan laut sebagai bagian dari investasi nasional. Sebanyak 102 peserta KPN 2019 ini akan bergabung dengan Sail Nias 2019 dan akan menempuh perjalanan laut dari 2-21 September (20 hari). Rute yang akan di tempuh peserta KPN adalah Jakarta-Sibolga- Nias Selatan- Lampung- Jakarta.

"Laut Indonesia sangatlah luas dan memiliki potensi yang luar biasa. Banyak pulau-pulau di Indonesia yang belum terjamah oleh manusia. Ini menjadi tugas kalian semua untuk memanfaatkan potensi laut Indonesia. Jadi saya minta kepada seluruh peserta memaksimalkan KPN ini dengan sebaik-baiknya," ujarnya, menambahkan.

Pembekalan KPN 2019 ini juga dihadiri oleh Staf Khusus Bidang Pemuda Anggia Ermarini. Perempuan yang akrab disapa Anggi ini memberikan materi dengan tema "Membangun Potensi Pemuda Bahari".

"Indonesia sebagai negara maritim memiliki kekayaan laut yang luar biasa, anak muda memiliki peran besar untuk membangun kemaritiman di Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Peningkatan Kapasitas Pemuda IG Putu Raka Pariana mengatakan bahwa kegiatan ini juga melibatkan dan bersinergi dengan Pemuda Saka Bahari TNI AL, Pemuda Bela Negara dari Kementerian Pertahanan.

"Kegiatan KPN ini bersinergi degan Program dari TNI AL melalui Program Saka Bahari dan Pemuda Bela Negara dari Kemenhan dengan berlayar menggunakan Kapal KRI Milik TNI AL," katanya.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019