Jakarta (ANTARA) - Fungsionaris Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Erwin Arivianto Soerjadi mendirikan layanan perizinan secara daring (online) melalui IZIN.co.id yang ditujukan untuk mendukung pengusaha mengurus perizinan.

"Layanan ini merupakan tindak lanjut gerakan 1.000 startup digital yang dicanangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Gedung Istora Gelora Bung Karno tanggal 18 Agustus lalu," kata Erwin di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kominfo buka Gerakan 1.000 Startup, pendaftaran hingga akhir tahun

Baca juga: Bekraf: Pelaku usaha rintisan tidak perlu risaukan pajak digital


Menurut Erwin, di dalam IZIN.co.id pengusaha akan dibantu untuk mendirikan badan usaha CV dan PT baik itu berstatus PMDN maupun PMA.

"Kami juga punya fasilitas tracking (pencari jejak) untuk membantu pengusaha mengetahui sampai dimana mengurus surat-surat perizinan yang akan dikirim langsung ke whatsapp dan email ," kata Erwin.

Seperti diketahui untuk mendirikan badan usaha dibutuhkan pembuatan surat keterangan domisili perusahaan, pembuatan NPWP, SIUP, tanda daftar perusahaan (TDP), dan lain sebagainya. "Semua itu dapat diketahui sejauh mana surat-surat tersebut ditangani," jelas Erwin.

Erwin menambahkan sebagai penyedia jasa legalitas perusahaan, web IZIN dilengkapi dengan file softcopy yang memungkinkan perizinan bisa langsung diunduh menggunakan security password.

“Bagi pengusaha yang baru mulai, banyak aspek bisnis lain yang harus dipikirkan secara matang. Selain membantu mengedukasi dan menyosialisasikan pengusaha tentang legalitas yang benar dan tertib, kami juga menyediakan sistem agar pengusaha dapat dengan mudah mengecek dan terus update proses perizinan usaha mereka," ujarnya.

Sementara,  selebriti sekaligus wirausahawan Christian Sugiono yang dinobatkan sebagai duta IZIN.co.id menjelaskan sangat terbantu dengan layanannya, salah satunya fasilitas kantor virtual dan kantor sewa.

"Layanan ini sangat inline dengan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di Gedung Istora Senayan kemarin," kata Christian.

Baca juga: 'Tech startup' didorong jadi penggerak transformasi digital IKM

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Eddy K Sinoel
Copyright © ANTARA 2019