counter

Info Haji

Masih dirawat di Mekkah, seorang jamaah haji Medan tertunda pulang

Masih dirawat di Mekkah, seorang jamaah haji Medan tertunda pulang

Jamaah haji asal Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara yang tergabung pada Kelompok Terbang 5 Debarkasi Medan tiba di Asrama Haji Medan, Selasa (27/8/2019) tengah malam pukul 24.00 WIB. (FOTO ANTARa/ Munawar Mandailing)

Saat ini jamaah haji tersebut, untuk sementara waktu ditunda kepulangannya ke Indonesia
Medan (ANTARA) - Seorang jamaah haji kelompok terbang (kloter) 8 Debarkasi Medan atas nama Raminah Baginda Harahap Binti Baginda P Harahap (73), warga Jalan Pelita VI Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara tertunda kepulangannya ke Tanah Air karena masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi akibat sakit.

Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Haji (PPIH) Embarkasi Medan, H Farhan Indra saat dikonfirmasi Sabtu, di Medan membenarkan jamaah haji Medan itu masih berada di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) dan belum bisa kembali ke Indonesia.

Menurut dia, jika tim medis RSAS telah mengizinkan jamaah haji itu boleh pulang ke Indonesia, maka secepatnya akan dibawa ke Tanah Air.

"Saat ini jamaah haji tersebut, untuk sementara waktu ditunda kepulangannya ke Indonesia," kata Farhan.

Ia menyebutkan, selain itu jamaah haji asal Medan atas nama Zuraidah Toha Lubis Binti Muhammad Toha Lubis (75) yang tergabung pada kloter 8 Debarkasi Medan melakukan "tanazul" atau mutasi pada kloter 4 Debarkasi Medan.

Sebanyak 380 jamaah haji yang tergabung pada kloter 8 Debarkasi Medan tiba di Asrama Haji Medan, Jumat (30/8) tengah malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Dari jumlah 380 jamaah haji kloter 8 Debarkasi Medan itu terdiri atas 164 pria dan 216 wanita. Dari jumlah jamaah haji tersebut, yakni 232 orang dari Kota Medan, 87 orang dari Kabupaten Langkat, 34 orang dari Kabupaten Padang Lawas, 4 orang dari Kabupaten Deli Serdang, 4 orang dari Pakpak Bharat, 3 orang dari Labuhan Batu, 2 orang dari Kota Tebingf Tinggi, dan 1 orang dari Kabupaten Asahan.

Jumlah jamaah haji Sumut yang berangkat ke Tanah Suci pada musimk haji 2019 tercatat sebanyak 8.641 orang dengan 22 kloter Embarkasi 1 Medan.

Namun yang berangkat ke Mekkah sebanyak 8.525 jamaah haji (98,60 persen).Tidak jadi berangkat 116 jamaah (1,34 persen) karena sakit, meninggal dunia sebelum masuk Asrama Haji Medan dan ditunda keberangkatan ke Mekkah, demikian Farhan Indra.

Baca juga: Tujuh jamaah haji gabung ke Kloter 4 Debarkasi Medan

Baca juga: Dua jamaah haji asal Medan wafat di Mekkah

Baca juga: Dua jamaah haji kloter 3 Medan dirawat di Mekkah

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemerintah imbau untuk batasi penggunaan gawai pada anak

Komentar