Tangerang rangkul University Of Florida turunkan emisi gas rumah kaca

Tangerang rangkul University Of Florida turunkan emisi gas rumah kaca

Salah satu alat ukur iklim di Kota Tangerang yang di pasang di lokasi padat penduduk

Tujuan dari acara sosialisasi program coolroofs adalah memperkenalkan tujuan, kegiatan dan dampak program "Million Coolroofs Challenge" kepada warga dan pemangku kepentingan Kota Tangerang.
Tangerang (ANTARA) -
Kota Tangerang merangkul University Of Florida dan Universitas Pendidikan Indonesia dalam upaya menurunkan emisi gas rumah kaca.

Kepala Seksi Penegakan Hukum Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Mesi Shinta Dewi di Tangerang, Sabtu (31/8) menjelaskan, kolaborasi yang dilakukan adalah dengan Universitas Pendidikan Indonesia sebagai mitra lokal.

Kemudian University Of Florida sebagai mitra di tingkat internasional telah dihasilkan kerjasama yang bersifat "science to develop policy" melalui keikutsertaan dalam Kompetisi Million Coolroofs Challenge.

Kompetisi Million Coolroofs Challenge adalah kompetisi tingkat dunia yang memperebutkan hibah sebesar 2 juta dolar AS yang akan digunakan untuk peningkatan pemanfaatan atap yang memiliki kemampuan merefleksi panas matahari, khusunya untuk negara-negara berkembang yang memiliki suhu harian cukup tinggi serta memiliki tingkat penggunaan pengatur suhu ruangan (AC) yang tinggi pula.

The Million Cool Roofs Challenge diselenggarakan oleh Kigali Cooling Efficiency Program (K-CEP) bekerja sama dengan Global Cool Cities Alliance, Sustainable Energy for All and Nesta’s Challenge Prize Centre.

Baca juga: BSN kembangkan standar nasional pengukuran GRK jaga kualitas udara

Kompetisi ini akan menghadiahkan hibah 100.000 dolar AS kepada 10 finalis sebagai dana untuk melakukan perubahan dan saat ini Kota Tangerang telah dinyatakan sebagai salah satu finalis dan diundang menghadiri acara New York Climate Week dan The Induction Event yang akan diadakan pada akhir September 2019 di The Garrison Institute – NY.

"Dana 100.000 USD ini akan digunakan untuk mendanai pilot project untuk kemudian kembali dilombakan diantara para finalis untuk memperebutkan 1.000.000 dolar AS," ujarnya.

Peningkatan awareness menjadi salah satu indikator penting pada kompetisi ini. Untuk itulah acara Sosialisasi Peningkatan Kualitas Iklim Mikro di Kota Tangerang diselenggarakan sebagai langkah awal memasyarakatkan program Coolroofs di Kota Tangerang.

Tujuan dari acara sosialisasi program coolroofs adalah memperkenalkan tujuan, kegiatan dan dampak program "Million Coolroofs Challenge" kepada warga dan pemangku kepentingan Kota Tangerang.

Memberikan penjelasan teknis implementasi program Million Coolroofs Challenge. "Sebagai sarana untuk mendapatkan komitmen warga dan para pemangku kepentingan untuk terlibat secara aktif dalam Program Million Coolroofs Challenge," katanya.

Baca juga: Gejala kendaraan penghasil emisi gas buang berbahaya

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

WWF Indonesia gandeng MRT Jakarta ajak masyarakat peduli iklim

Komentar