Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) meluluskan wisudawan sebanyak 8.005 orang dengan 2.650 wisudawan berhasil lulus dengan predikat cum laude.

Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, memimpin Upacara Wisuda dan Penyambutan Program Pendidikan Vokasi, Sarjana hingga Doktoral semester genap tahun akademik 2018/2019 di Balairung UI Kampus Depok, Sabtu sore.

Wisuda kali ini menjadi upacara wisuda terakhir yang dipimpin oleh Prof. Muhammad Anis selaku Rektor UI, karena pada Desember 2019 akan terpilih rektor baru.

Prof. Muhammad Anis dalam sambutannya menyatakan di era disrupsi ini perguruan tinggi harus bertransformasi secara inovatif, sehingga diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing global.

Dikatakannya sebagai lulusan dari PTN terbaik di Indonesia, diharapkan kalian dapat menjadi SDM yang adaptif, tangguh, berintegritas, kompeten, memiliki pandangan maju ke depan, serta memiliki karakter yang santun, berbudi luhur serta mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan domestik maupun global.

Baca juga: Wakili wisudawan, mahasiswa UI sampaikan pidato di UQ Australia

Lebih lanjut rektor mengatakan sebagai upaya pemerataan pendidikan hingga pelosok negeri, UI memanfaatkan teknologi untuk mengintensifkan penggunaan e-learning dalam metode pembelajarannya.

Dengan demikian lanjutnya perkuliahan yang ada di UI tidak saja dinikmati oleh mahasiswa UI sendiri, namun juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas di Indonesia.

Sampai akhir tahun 2018 telah ada sebanyak 2.225 mata kuliah di UI yang menggunakan e-learning, dengan jumlah peserta kuliah daring sebanyak 2.079 atau meningkat 154 persen dibanding tahun lalu, dan jumlah pengunjung materi terbuka UI sebanyak lebih dari 600 ribu orang atau meningkat 165 persen dibanding tahun lalu.

Baca juga: 99 persen wisudawan Pendidikan Vokasi UI lulus tepat waktu

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019