Gorontalo (ANTARA) - Jamaah haji asal Provinsi Gorontalo dijadwalkan pulang dan tiba di Tanah Air pada awal September 2019.

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Sabtu mengataka kloter 27 akan berangkat dari Madinah pada  5 September pukul 19.15 waktu Arab Saudi.

Rombongan tersebut diperkirakan tiba di Makassar pada 6 september pukul 11.45 Wita, dan selanjutnya berangkat ke Gorontalo 15.45 dan tiba 16.50 Wita.

“Sesuai dengan jadwal bahwa kloter 27 itu jumlah jamaah ditambah dengan petugas haji ada 449 orang. Kami sudah membahas secara detail pemulangan jemaah haji," ujarnya di Gorontalo.
Baca juga: JCH Gorontalo dibagi tiga kloter

Menurutnya, pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji harus terlaksana dengan lancar dan baik.

Untuk kloter 29 dijadwalkan berangkat dari Madinah 7 september pukul 05.30 dan tiba di Makassar pada tanggal yang sama pukul 20.00 wita.

Selanjutnya menuju Gorontalo pukul 22.00 Wita, dengan jumlah jamaah 453 orang.

"Untuk kloter yaitu kloter 34 berangkat dari Madinah tanggal 10 September, tiba di Makassar pukul 14.20. Menuju Gorontalo dan diperkirakan akan tiba di pukul 19.25 Wita dengan jumlah 280 jamaah,” tambahnya.

Wagub semua pihak memaksimalkan kinerja sebelum hari pemulangan jamaah haji.
Baca juga: Dirjen PHU : kedisiplinan jamaah haji Gorontalo tinggi

Menurutnya yang perlu diperhatikan kesiapan pesawat yang digunakan, khususnya untuk maskapai Lion Air.

Idris juga meminta Dinas Kesehatan siaga bila ada jamaah yang sakit.

Sementara Badan Penghubung Gorontalo yang ada di Makassar, diminta mengawasi kesiapan konsumsi dan fasilitas transit para jamaah.

"Perhatikan semuanya jangan sampai lalai, karena begitu tiba di Makassar jamaah haji itu yang pertama pasti ingin cepat-cepat berangkat ke Gorontalo. Yang kedua berat bagasi mereka pasti bertambah, mereka juga pasti lapar, mengantuk," tambahnya.

Hal lain yang tidak boleh diabaikan adalah pendataan ulang jamaah yang pulang.

Wagub menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Otoritas Bandar Udara V, GM PT. Angkasa Pura, Wakil Ketua DRPD Provinsi Gorontalo, Lion Air, serta tim teknis yang terkait dengan pelaksanaan debarkasi haji Gorontalo di Bandara Sultan Hasanuddin.
Baca juga: Jamaah Haji Kota Gorontalo Tiba Jumat Depan

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019