counter

Piala Dunia FIBA

Spanyol, Argentina menang telak pada laga pertama

Spanyol, Argentina menang telak pada laga pertama

Bintang tim nasional bola basket Spanyol Ricky Rubio (kiri) berusaha melepaskan umpan kepada rekannya di tengah kawalan pemain Tunisia Omar Abada (kanan) dalam laga penyisihan Grup C Piala Dunia FIBA 2019 di Guangzhou, China, Sabtu (31/8/2019). (ANTARA/REUTERS/Jorge Silva)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket Spanyol dan Argentina membukukan kemenangan telak atas lawannya masing-masing dalam laga pertama penyisihan grup Piala Dunia FIBA 2019, Sabtu.

Spanyol yang tampil di Guangzhou Gymnasium menghadapi Tunisia sukses meraih kemenangan 101-62 disokong penampilan menawan Ricky Rubio.

Baca juga: Profil Grup C, melihat Spanyol bekerja

Pemain Phoenix Suns itu membukukan 17 poin dan mengirimkan sembilan assist dibantu 16 poin Sergio Llull, 13 poin dan delapan rebound Juancho Hernangomez, 12 poin dari Victor Claver dan Pau Ribas serta 10 poin dan enam rebound Marc Gasol.

Tunisia yang kesulitan untuk mengimbangi permainan Spanyol hanya mendapat pasokan 15 poin dan tujuh rebound dari Salah Mejri serta 12 poin milik Mohamed Hadidane.

Hasil itu sekaligus menempatkan tim besutan Sergio Scariolo berada di puncak Grup C mengungguli Puerto Rico yang di laga lebih awal menang dramatis 83-81 atas Iran.
Bintang gaek tim nasional bola basket Argentina Luis Scola (kanan) beraksi dalam laga penyisihan Grup B Piala Dunia FIBA 2019 melawan Korea Selatan di Wuhan, China, Sabtu (31/8/2019). (ANTARA/REUTERS/Jason Lee)


Sementara itu di Wuhan Sports Center, Argentina sukses mengalahkan Korea Selatan 95-69 dipimpin oleh Nicolas Laprovittola.

Laprovittola meraih 17 poin diiringi bintang senior Luis Scola yang mencetak 15 poin dan sembilan rebound, disusul Gabriel Deck 12 poin, Facundo Campazzo 11 poin dan enam rebound serta Luca Vildoza 10 poin.

Baca juga: Profil Grup B, Argentina paling diunggulkan

Korsel tergolong telat panas dan baru mulai berkembang permainannya mulai kuarter kedua, namun tetap tak mampu memupus perbedaan kualitas permainan kedua negara.

Pemain naturalisasi Daniel Ratliffe atau kini memakai nama lokal Ra Gun-ah menjadi tulang punggung penampilan Korsel dengan catatan dwiganda 31 poin dan 15 rebound, namun bantuan hanya datang dari Lee Jung-hyun lewat 15 poin dan tujuh assist.

Kemenangan itu membuat Argentina bercokol di puncak klasemen Grup B mengungguli Rusia yang di laga lebih awal mengalahkan Nigeria 82-77.

Baca juga: China atasi kegugupan demi tundukkan Pantai Gading 70-55

Baca juga: Bogdanovic pimpin Serbia lumat Angola 105-59 dalam laga pembuka

Baca juga: Presiden Xi Jinping buka Piala Dunia FIBA 2019

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar