counter

Enam jamaah haji mutasi kloter 8 Debarkasi Medan

Enam jamaah haji mutasi kloter 8 Debarkasi Medan

Rombongan jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 8 Debarkasi Medan, tiba di Asrama Haji Medan. (Antara Sumut/Foto Munawar)

Medan (ANTARA) - Sebanyak enam jamaah haji asal Kota Medan dan Kota Binjai mutasi ke kelompok terbang (Kloter) 8 Debarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Haji (PPIH) Embarkasi Medan, H Farhan Indra, dikonfirmasi Sabtu, membenarkan adanya mutasi dari jamaah haji kloter lain ke Kloter 8 Debarkasi Medan.

Pemutasian jamaah haji tersebut, menurut dia, sah-sah saja dilakukan dan hal itu sepenuhnya merupakan kewenangan Panitia Haji.

Mutasi itu, bisa saja karena permintaan dan juga berdasarkan kebijakan Panitia Haji yang melihat kondisi jamaah haji tersebut.

"Jadi, mutasi jamaah haji ke Kloter 8 Debarkasi Medan, dibenarkan dan hal tersebut juga adanya ketentuan pada pemulangan jamaah haji dari tanah suci Mekkah," ujarnya.

Sebanyak 380 jamaah haji yang tergabung pada kloter 8 Debarkasi Medan tiba di Asrama Haji Medan, Jumat (30/8) tengah malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Dari jumlah 380 jamaah haji kloter 8 Debarkasi Medan itu terdiri atas 164 pria dan 216 wanita. Dari jumlah jamaah haji tersebut, yakni 232 orang dari Kota Medan, 87 orang dari Kabupaten Langkat, 34 orang dari Kabupaten Padang Lawas, 4 orang dari Kabupaten Deli Serdang, 4 orang dari Pakpak Bharat, 3 orang dari Labuhan Batu, 2 orang dari Kota Tebing Tinggi, dan 1 orang dari Kabupaten Asahan.

Jumlah jamaah haji Sumut yang berangkat ke Tanah Suci pada musim haji 2019 tercatat sebanyak 8.641 orang dengan 22 kloter Embarkasi 1 Medan.

Namun yang berangkat ke Mekkah sebanyak 8.525 jamaah haji (98,60 persen).Tidak jadi berangkat 116 jamaah (1,34 persen) karena sakit, meninggal dunia sebelum masuk Asrama Haji Medan dan ditunda keberangkatan ke Mekkah, demikian Farhan Indra.

Data yang diperoleh di PPIH Debarkasi Medan, enam jamaah haji yang mutasi ke Kloter 8, atas nama jamaah haji Faradila Afiffah Sholeha Binti Pinayungan Harahap (73) dari Kloter 12 asal Kota Binjai, jamaah haji Sry Lasmi Harjo Siswoyo Binti Harjo Siswoyo (55) dari Kloter 13 asal Kota Medan, dan jamaah haji Pinayungan Abdul Rahim Harahap Bin Abdul Harahap (57) dari Kloter 22 asal Kota Binjai.

Kemudian, jamaah haji Eliyana Khairida Mahmud Lubi Binti Mahmud Lubis (54) dari Kloter 22 asal Kota Binjai, jamaah haji Endang Yudianti Ismail Binti Tengku Ismail (60) dari Kloter 22 asal Kota Binjai, dan jamaah haji Zainal Arifin Muhammad Nur Bin Syakban (64) dari Kloter 22 asal Kota Binjai.

Baca juga: Dua jamaah haji asal Medan wafat di Mekkah

Baca juga: Tujuh jamaah haji gabung ke Kloter 4 Debarkasi Medan

Baca juga: Masih dirawat di Mekkah, seorang jamaah haji Medan tertunda pulang

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Empat orang haji tidak ikut di kloter terakhir

Komentar